Home / Ulama / AaGym / Tiga Hal yang Menguntungkan
aagym - 3 hal yang menguntungkan

Tiga Hal yang Menguntungkan

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Sungguh Alloh Maha Mengetahui setiap tetesan air wudhu yang jatuh dari kulit dan ujung jari kita. Semoga Alloh mengampuni setiap kekhilafan kita. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman,Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al ‘Ashr [103] : 1-3)

Dari ayat ini kita bisa menarik hikmah bahwa ada tiga hal yang sangat menguntungkan bagi kita. Pertama, beriman kepada Alloh Swt. Kedua, mengerjakan amal sholeh. Dan ketiga, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.

Artinya, jika waktu yang kita miliki ini bisa kita isi dengan dengan ketiga hal tersebut, maka kita termasuk dalam orang-orang yang beruntung. Sedangkan jika sebaliknya, maka kita termasuk orang-orang yang rugi.

Dalam waktu 24 jam, ada orang yang giat menghapal Al Quran sehingga semakin bertambah hapalannya. Sedangkan di saat yang sama ada orang yang membaca Al Quran masih terbata-bata namun dia balas belajar sehingga tak bertambah kemampuannya. Dalam waktu 24 jam, ada orang yang bisa mengurus negara. Sedangkan di saat yang sama ada orang yang mengurus diri sendiri saja ia lalai.

Maka standar untung rugi itu bukanlah perkara uang. Bagi orang beriman, standar untung rugi itu adalah, apakah dengan kegiatan yang ia lakukan makin bertambah imannya kepada Alloh atau tidak. Apakah makin bertambah amal sholehnya ataukah tidak. Apakah makin banyak amar ma’ruf nahyi munkarnya ataukah malah berkurang. Inilah standar untung rugi yang sejati.

Semoga setiap aktifitas kita dimanapun, senantiasa diiringi dengan keimanan kepada Alloh Swt., menjadi amal sholeh, dan diiringi sikap saling nasehat-menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi