Home / Ulama / AaGym / Tetaplah Baik Sangka
aagym - tetaplah baik sangka

Tetaplah Baik Sangka

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Dialah Dzat Yang Maha Baik, Yang Maha Melimpahkan Rezeki kepada seluruh makhluk tanpa terkecuali. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, jikalau kita ingin selalu mendapat kebaikan dari Alloh, maka kita harus berbaik sangka kepada-Nya. Karena Alloh Swt. berfirman dalam sebuah hadits qudsi, “Aku adalah sebagaimana prasangka hambaku kepadaku,dan Aku bersamanya ketika dia mengingat-Ku..” (HR. Bukhori, Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah)

Dan, Alloh tidak mungkin ingkar janji. Jadi, kalau kita menemui kenyataan yang tidak cocok dengan keinginan kita, dan itu sudah terjadi, maka tetaplah berbaik sangka kepada Alloh yang telah memperkenankan peristiwa itu terjadi. Karena Alloh Swt. juga berfirman, “..Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Alloh mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqoroh [2] : 216)

Rahasia berbaik sangka inilah yang akan mengantarkan kita kepada sikap-sikap selalu berkata baik, berbuat baik, bekerja baik, berniat baik, dan mudah-mudahan mengantarkan kita juga meraih akhir yang baik, husnul khotimah. Dan, segala kebaikan yang kita lakukan ini tidak akan kemana-mana balasannya melainkan akan kembali kepada diri kita sendiri.

Semoga kita termasuk hamba-hamba Alloh yang senantiasa berbaik sangka kepada-Nya. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi