Home / Ulama / AaGym / Taubat Nasuhaa
aagym - taubat nasuhaa

Taubat Nasuhaa

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Menerima Taubat, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang husnul khotimah. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Alloh dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Robbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Alloh tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Robb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. At Tahriim [66] : 8)

Saudaraku, setiap manusia pasti melakukan kesalahan, tidak luput dari dosa. Dan, manusia yang paling beruntung adalah manusia yang bertaubat atas dosa-dosanya dengan taubat yang sebenar-benarnya taubat (taubat nasuhaa).

Perlindungan Alloh kepada kita dalam bentuk ampunan atas dosa-dosa kita dan dimasukkannya kita ke dalam surga, kuncinya adalah taubat nasuhaa sebagai puncaknya taubat. Hasan Al Bashri r.a menerangkan bahwa taubat nasuhaa adalah menanamkan di dalam dada tekad bulat untuk menjauhi perbuatan dosa yang pernah dilakukan dan tidak pernah mengulanginya kembali.

Kita perlu taubat nasuhaa karena selain yang utama demi ampunan dan ridho Alloh Swt., juga karena keburukan yang kita lakukan apalagi berulang-ulang, itu pasti akan berbalik kepada diri kita sendiri. Betapa besarnya bahaya yang mengancam kita jikalau kita tidak mentaubati dosa-dosa kita. Tidak ada yang bahaya yang lebih besar selain dari dosa-dosa yang kita lakukan.

Semoga Alloh Swt. memberi kita hidayah dan kekuatan sehingga kita menjadi ahli taubat yang sebenar-benarnya taubat. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi