Home / Ulama / AaGym / Takdir Alloh Selalu Tepat
aagym - takdir Allah selalu tepat

Takdir Alloh Selalu Tepat

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Baik senantiasa menerangi hati kita dengan cahaya hidayah sehingga kita tidak termasuk orang-orang yang tersesat dalam hidup ini. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Rosululloh Saw. bersabda, “Bagi segala sesuatu ada hakikatnya. Dan seorang hamba Alloh tidak akan dapat mencapai hakikat iman sehingga ia mengetahui bahwa apa yang menimpanya tidak akan meleset atau terlepas darinya. Dan apa yang terlepas darinya tidak akan dapat menimpanya.” (HR. Ahmad dan Tobroni)

Jadi saudaraku, tidak perlu risau. Apa yang memang sudah Alloh takdirkan menjadi milik kita pasti tidak akan kemana-mana. Dan, apa yang tidak Alloh takdirkan menjadi milik kita, tidak akan jatuh ke tangan kita. Tugas kita hanyalah menyempurnakan niat dan ikhtiar.

Sesungguhnya Alloh Maha Tahu akan keinginan kita. Jangankan keinginan yang diucapkan atau diusahakan, keinginan yang masih terbersit di dalam hati saja Alloh sudah mengetahuinya. Namun, Alloh juga jauh lebih mengetahui kebutuhan kita yang sebenarnya.

Oleh karena itu, boleh kita memiliki keinginan. Boleh pula kita berupaya sekuat tenaga meraih keinginan kita, karena memang kewajiban kita adalah ikhtiar. Akan tetapi, hati harus tetap bergantung kepada Alloh Swt. Apapun akhirnya hasil usaha kita, tetaplah berserah diri kepada Alloh. Jika berhasil maka bersyukur dan jika tidak berhasil, maka yakinlah bahwa takdir Alloh pasti yang terbaik bagi kita.

Resah, gelisah, tidak bahagia hadir karena hati kita tidak bergantung kepada Alloh. Saat berhasil kita sibuk dengan berbangga diri, dan saat tidak berhasil kita sibuk dengan berpikir negatif dan putus asa.

Semoga kita termasuk orang-orang yang hatinya selalu terpaut kepada Alloh Swt. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi