Home / Ulama / AaGym / Sibuk Dengan Apa yang Alloh Tahu
aagym - sibuk dengan apa yang alloh tahu

Sibuk Dengan Apa yang Alloh Tahu

Alhamdulillah. Puji dan syukur hanya milik Alloh Swt., Dzat Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dialah Alloh, tiada yang menyerupai-Nya. Dialah Dzat Yang Maha Hidup, tanpa awal dan tanpa akhir. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, kita harus lebih sibuk dengan apa yang Alloh tahu tentang kita, daripada sibuk dengan apa yang orang lain tahu tentang kita. Karena tidak sedikit orang yang resah, gelisah, cemas dan galau hanya gara-gara memikirkan imej dirinya di hadapan orang lain, sibuk dengan penilaian orang lain. Ingin selalu tampil sempurna dalam pandangan makhluk. Sungguh, jikalau kita berada dalam kondisi seperti ini, maka kegelisahan kita seperti tidak ada habisnya. Karena sebenarnya pengetahuan makhluk sangat terbatas.

Sedangkan pengetahuan Alloh tentang diri kita jauh melampaui pengetahuan kita tentang diri kita sendiri. Karena Alloh yang menciptakan kita. Alloh Swt. berfirman, “..Alloh mengetahui, sedangkan kamu tidak tahu.” (QS. Al Baqoroh [2] : 216)

Orang lain tidak akan tahu pada urusan kita yang kita sembunyikan. Mareka hanya tahu pada apa-apa yang nampak dari diri kita, pada apa yang kita ceritakan pada mereka. Dan, itupun hanya berdasar apa yang kita ceritakan, padahal boleh jadi cerita itu kita tambah-tambahi, tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi. Sedangkan Alloh, Dia Maha Mengetahui segala rahasia hingga setiap niat yang terbersit di dalam hati setiap hamba-Nya.

Maka, sibukkanlah diri kita pada urusan-urusan yang sudah pasti Alloh mengetahuinya. Sibuklah dalam urusan memperbaiki diri, membersihkan hati, meluruskan niat dan membenarkan amal. Demi Alloh, tiada artinya penilaian makhluk dibandingkan penilaian Alloh Swt. Mengejar penilaian makhluk bagaikan mengejar fatamorgana. Sedangkan mengejar penilaian Alloh adalah mengejar kebahagiaan yang Alloh janjian. Dan, Alloh pasti memenuhi janji-Nya.

Semoga kita termasuk orang-orang yang berbahagia dengan menyibukkan diri dalam meraih penilaian Alloh Swt. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi