Home / Ulama / AaGym / Shaum Penglihatan
aagym - shaum penglihatan

Shaum Penglihatan

 

Alhamdulillah. Puji syukur hanya milik Alloh Swt. Dialah Dzat yang Maha Pemberi karunia yang tiada berbatas kepada seluruh makhluk-Nya. Dan, pertemuan dengan bulan suci Romadhon adalah nikmat yang sangat besar nilainya. Semoga kita tergolong hamba-hamba Alloh yang meraih kemenangan di bulan penuh berkah ini. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, mata adalah jendela jiwa. Mata adalah salah satu celah masuknya berbagai berita dan informasi yang kemudian akan diolah di pikiran dan mempengaruhi hati kita. Beruntunglah bagi siapa saja yang senantiasa menjaga kebersihan hati. Dan beruntunglah orang yang senantiasa menjaga pandangan matanya. Semakin terjaga pandangan mata, akan semakin terjaga kebersihan hatinya.

Alloh Swt. berfirman, “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Alloh Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya..” (QS. An Nuur [24]: 30-31).

Saudaraku, bulan Romadhon adalah bulan yang mulia, hendaknya diisi pula dengan hal-hal yang mulia, dengan perbuatan-perbuatan yang mulia. Termasuk perbuatan yang berkaitan dengan indera penglihatan. Hendaknya yang dilihat adalah hal yang mulia, yang dibaca adalah hal yang mulia. Lebih baik hindari tayangan televisi sekiranya tiada berguna, kemudian alihkan pandangan kita pada tayangan-tayangan yang memberi ilmu pengetahuan dan menguatkan keimanan kepada Alloh Swt.

Marilah kita maksimalkan kegunaan indera penglihatan kita untuk menafakuri dan mentadaburi berbagai tanda-tanda keagungan Alloh Swt., sehingga iman semakin kuat, pahala semakin bertambah. Terlebih di bulan mulia ini kita diajarkan untuk lebih banyak mengendalikan hawa nafsu kita. Romadhon sungguh waktu yang sangat kondusif untuk kita melatih indera penglihatan untuk hanya melihat dan menyaksikan hal-hal yang bisa semakin mendekatkan diri kepada Alloh Swt.

Dalam sebuah hadits, Rosululloh Saw. bersabda, “Pandangan adalah salah satu anak panah beracun di antara anak panah Iblis, semoga Alloh melaknatinya. Barang siapa meninggalkannya karena takut kepada Alloh, maka Alloh memberinya keimanan yang merupakan kelezatan dalam hatinya.” (HR. Hakim)

Maasyaa Alloh! Orang yang senantiasa memelihara pandangan matanya dengan cara menghindarkan diri dari memandang hal-hal yang bukan haknya, dan hanya menggunakannya untuk melihat hal-hal yang diridhoi oleh Alloh Swt, maka Alloh akan menganugerahkan manisnya keimanan di dalam hatinya.

Semoga di bulan Romadhon ini, kita terlatih untuk mampu mengendalikan pandangan mata kita sehingga hanya dipergunakan untuk melihat dan menyaksikan hal-hal yang diridhoi Alloh Swt. Semakin kita menjaga pandangan kita, akan semakin bening hati kita, semakin peka kita menerima nasehat kebenaran dan kebaikan, dan semakin kita bisa merasakan manisnya iman. Wallohua’lambishowab.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

 

Comments

comments

About andysyauqi