Home / Ulama / AaGym / Senang Pada Kebaikan
aagym - senang pada kebaikan

Senang Pada Kebaikan

Alhamdulillah. Puji dan syukur hanya milik Alloh dan hanya kembali kepada-Nya. Tiada yang patut disembah kecuali Alloh. Tiada yang bisa dijadikan sandaran, melainkan Alloh. Hanya kepada Alloh kita memohon pertolongan dan hanya kepada Alloh kita akan kembali. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, betapa indah hidup yang diisi dengan kesenangan berbuat kebaikan, tanpa direpotkan dengan keinginan untuk dilihat atau diketahui oleh orang lain. Mau dilihat atau tidak oleh orang lain, mau diketahui atau tidak oleh orang lain, itu perkara yang sangat kecil bagi kita. Perkara yang besar bagi kita adalah Alloh ridho pada amal kita.

Berbuat kebaikan dengan niat ikhlas lillaahi ta’ala niscaya jadi tabungan untuk kita. Karena tidak ada satupun perbuatan yang kita lakukan kecuali pasti akan kembali kepada kita sebagai pelakunya. Kita tidak pernah tahu besok lusa ada takdir apa untuk kita. Kita tidak tahu akan ada kesulitan seperti apa yang akan menimpa kita. Tapi jikalau kita senang melakukan kebaikan, itulah yang akan kembali kepada kita.

Alloh Swt. berfirman, Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri..” (QS. Al Isro [17] : 7)

Tidak sulit untuk mendekat kepada Alloh, karena sesungguhnya Alloh Maha Dekat. Tidak sulit untuk disayang oleh Alloh, karena Alloh Maha Penyayang. Tidak sulit juga untuk berkedudukan di sisi Alloh, karena Alloh memang menginginkan kita berkedudukan di sisi-Nya. Namun, semua itu akan menjadi sulit jikalau kita memang malas untuk berbuat kebaikan.

Maka saudaraku, janganlan sia-siakan kesempatan berbuat kebaikan. Ketika mengetahui di masjid tidak ada terumpah untuk berwudhu atau ke kamar mandi, maka bersegeralah untuk memberikan dan menyimpannya di sana sehingga orang-orang bisa merasakan manfaatnya. Ketika masuk ke masjid terasa udara kurang segar, maka bersegera membeli pengharum ruangan sehingga orang-orang yang beribadah di sana bisa lebih nyaman. Ketika masuk ke kamar mandi di sebuah masjid, kita lihat gayungnya kurang bersih, maka bersegeralah sambil kita bersihkan gayung tersebut.

Sungguh nikmat hidup dengan kesenangan melakukan kebaikan. Akan terasa nikmat karena meski tidak ada yang menyaksikan, namun kita yakin Alloh pasti menyaksikan kita, malaikat pun turut melihat dan mencatat perbuatan kita. Inilah yang akan menghadirkan kebahagiaan sejati di hati kita. Sibuklah dengan berbuat kebaikan. Dan cukupkanlah Alloh sebagai saksi atas setiap perbuatan kita. Wallohua’lam bishowab.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

Comments

comments

About AndySyauqi