Home / Ulama / AaGym / Semua Karena Karunia Alloh
aagym - semua karena karunia Alloh

Semua Karena Karunia Alloh

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Menatap, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang bisa mengendalikan diri dengan baik. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Suatu saat Rosululloh Saw. berkata kepada Al Mundzir, “Sesungguhnya pada dirimu ada dua sifat yang dicintai Alloh, yaitu penyabar dan tidak suka tergesa-gesa.” Kemudian, Al Mundzir bertanya, “Wahai Rosul, apakah aku berusaha berperilaku seperti itu, atau Alloh yang menjadikan aku memiliki watak keduanya?”

Rosululloh Saw. menjawab, “Alloh yang menjadikanmu memiliki watak keduanya.” Lalu Al Mundzir berucap, “Alhamdulillah, segala puji bagi Alloh yang telah menjadikan aku dua watak yang dicintai Alloh dan dicintai Rosul-Nya.” (HR. Abu Daud)

Saudaraku, kalau sesuatu sudah jadi, misalnya karakter sabar dan tidak terburu-buru sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari diri kita, maka itu adalah karunia Alloh Swt. Sedangkan kalau sesuatu belum jadi, maka kita harus sempurnakan ikhtiar, bersungguh-sungguh dalam usaha kita sambil mengiringinya dengan memohon pertolongan Alloh Swt.

Kalau sesuatu sudah jadi, tidak boleh kita akui sebagai hasil jerih payah kita. Misalnya, kita sudah memiliki karakter sabar, karena kita sudah menjalani proses pengalaman yang panjang, maka itu adalah karunia Alloh. Karena kita bisa melakukan ikhtiar pun merupakan karunia Alloh.

Salah satu cara bersyukur adalah dengan mengoptimalkan potensi yang Alloh karuniakan kepada kita berupa lahir batin kita. Semakin kuat rasa syukur kita, maka akan semakin besar upaya kita dalam mengoptimalkannya. Dan, ketika kerja keras kita menemukan hasil yang diharapkan, maka rasa syukur kita semakin berlipat-lipat atas karunia Alloh itu. Semoga kita termasuk orang-orang yang pandai mensyukuri setiap karunia Alloh Swt. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi