Home / Ulama / AaGym / Sempurnanya Perbuatan Alloh
aagym - sempurnyanya perbuatan Alloh

Sempurnanya Perbuatan Alloh

 

Alhamdulillah. Segala puji hanyalah milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Menatap senantiasa melimpahkan bimbingan-Nya kepada kita sehingga kita menjadi hamba-hamba-Nya yang istiqomah dalam memperbaiki diri. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, sesungguhnya Alloh Maha Sempurna. Alloh sempurna setiap perbuatan-Nya, Alloh sempurna setiap ciptaan-Nya. Jikalau kita menafakuri diri kita, kita lihat bagaimana kita diciptakan, berasal dari satu sel sperma yang tidak pernah mengerti apapun, kemudian bertemu dengan satu sel telur yang juga tidak pernah mengerti apapun, di dalam rahim ibu. Kemudian dalam tempo tiga puluh lima jam terjadi pembelahan sel demi sel dengan cepat dan sempurna. Meski dalam bentuk yang teramat kecil, proses yang terjadi di dalamnya begitu sempurna hingga akhirnya ia berubah menjadi janin lalu bayi yang utuh lengkap dengan ruh.

Dari proses penciptaan ini kita bisa menyaksikan betapa sempurnanya ciptaan Alloh dan betapa sempurnanya kekuasaan Alloh. Tidak ada yang gagal, tidak ada yang meleset, tidak ada yang keliru, semuanya sempurna. Tubuh kita ini adalah bukti sempurnanya kekuasaan Alloh. Jika ada istilah ‘cacat’, maka cacat itu hanya pada penilaian manusia semata yang terbatas dalam hal ilmu, wawasan, pemahaman dan diselimuti hawa nafsu.

Alloh Swt. berfirman, Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS. At Tiin [95] : 4)

Kesempurnaan penciptaan ini tidak hanya berkaitan dengan penciptaan lahiriyah manusia saja, melainkan dalam segala hal. Alloh menciptakan nyamuk secara sempurna. Nyamuk dibuat mengerti ketika tangan manusia mau memukul dia. Siapa yang mengajari nyamuk menghindar dengan gesit? Mengapa tidak setiap nyamuk bisa dipukul dengan tangan manusia? Maha Suci Alloh yang telah menciptakan nyamuk sedemikian sempurna dengan instingnya.

Bukan hanya tentang ciptaan, berbagai kejadian pun Alloh kehendaki dengan sempurna. Peristiwa demi peristiwa, berbagai suara, semuanya jikalau kita tafakuri adalah kesempurnaan perbuatan Alloh Swt. Ketika kita bertemu atau menyaksikan kegagalan, kemudian kita menilai itu sebagai suatu kekurangan, maka sesungguhnya itu adalah bukti dari kesempurnaan Alloh, karena setiap ciptaan Alloh tidak ada yang sia-sia, selalu ada hikmah di baliknya.

Alloh Swt. berfirman, “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh Jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Alloh mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqoroh [2] : 216)

Maka saudaraku, dalam ciptaan seperti apapun dan dalam kejadian seperti apapun, terdapat tanda-tanda kesempurnaan Alloh Swt. Tugas kita adalah meluruskan niat dalam hal apapun lillaahi ta’ala, kemudian menyempurnakan ikhtiar di jalan yang Alloh ridhoi, dan tawakal hanya kepada Alloh Swt. Wallohu a’lam bishowab.[]

 

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

 

Comments

comments

About andysyauqi