Home / Ulama / AaGym / Sempurnakan Kebaikan
aagym - sempurnakan kebaikan

Sempurnakan Kebaikan

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Tiada yang wajib disembah kecuali Alloh. Hanya Alloh Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan hanya kepada-Nya segala yang ada di alam semesta ini tunduk. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan, apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Alloh mengetahuinya.” (QS. Ali ‘Imron [3] : 92)

Jika ada orang lain memberi kita sehelai kain untuk kita kenakan, namun ternyata kain itu usang dan bolong, tentu kita tidak akan senang. Demikian juga orang lain jika berada pada posisi yang sama.

Saudaraku, Alloh mencintai hamba-Nya yang jika menolong orang lain maka ia memberikan pertolongan sesempurna mungkin yang bisa ia berikan. Saat memberi santunan beras untuk fakir miskin, maka ia berikan beras terbaik, minimal seperti beras yang biasa ia nikmati sehari-hari.

Jangan pernah merasa rugi saat bersedekah pada orang lain dengan barang yang bagus. Namun, sesungguhnya kita pasti rugi jika kita punya kemampuan untuk menyempurnakan pemberian, akantetapi kita tidak melakukannya. Karena kecukupan rezeki yang kita miliki, kelebihan harta yang kita miliki, sesungguhnya itu adalah kesempatan yang Alloh berikan kepada kita untuk membelanjakannya di jalan Alloh. Jika kesempatan itu datang namun kita melewatkannya, maka betapa ruginya kita. Belum tentu kesempatan seperti itu datang kembali, dan tidak ada yang bisa menjamin usia kita akan sampai pada kesempatan berbuat baik yang berikutnya.

Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa bersegera dalam berbuat kebaikan dan menyempurnakan kebaikan. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi