Home / Ulama / AaGym / Rugi Saat Diuji
aagym - rugi saat diuji

Rugi Saat Diuji

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Menolong, menggolongkan kita sebagai orang-orang yang kelak di hari perhitungan, mendapat ampunan dan pertolongan-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada kamilah kamu dikembalikan.” (QS. Al Anbiya [21] : 35)

Saudaraku, setiap muslim pasti akan menghadapi ujian. Setiap orang yang menyatakan dirinya beriman kepada Alloh Swt., pasti akan diuji tentang keimanannya itu. Ujian ini tiada lain adalah bentuk kasih sayang Alloh supaya kualitas diri kita lebih baik dan derajat kita di hadapan Alloh naik lebih tinggi.

Ujian itu bentuknya bisa macam-macam. Ada yang diuji dengan kesulitan, ada juga yang diuji dengan kemudahan. Ada yang diuji dengan kelapangan, ada juga yang diuji dengan kesempitan. Beruntunglah orang yang senantiasa bersyukur dan bersabar saat diuji. Namun, sungguh rugi orang yang tidak bersabar dan tidak bersyukur.

Ada yang diuji dengan kemudahan, kekayaan, kenyamanan, akan tetapi dia malah menjadi lalai dari ibadah kepada Alloh, terbuai dengan apa yang ia miliki. Kemudian, ia semakin jauh dari Alloh, terjerembab dalam kesombongan. Ada juga yang diuji dengan kesulitan, kegagalan, kemudian dia berkeluh kesah, sibuk menyalahkan orang lain, meratapi diri dan putus asa. Sungguh rugi orang yang terakhir ini, sudah mengalami kesulitan, malah semakin jauh dengan Alloh karena dia bersikap tidak ridho dan tidak memperbaiki diri.

Saudaraku, dunia ini adalah episode ujian. Keindahan dan kejelekannya, kemudahan dan kesulitannya adalah ujian. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang rugi dalam menghadapi ujian di dunia ini. Semoga kita termasuk orang-orang yang selamat di dunia dan di akhirat. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi