Home / Ulama / AaGym / Rajin Evaluasi Diri
aagym - rajin evaluasi diri

Rajin Evaluasi Diri

 

Alhamdulillah. Puji dan syukur hanya kepada Alloh Swt., Dzat Yang Maha Menciptakan segala ciptaan yang mengagumkan baik di darat, di dalam lautan dan di angkasa. Tiada yang patut disembah dan dimintai pertolongan kecuali Alloh Swt. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, sering-seringlah melihat ke dalam diri sendiri dan bertanya, siapakah yang lebih banyak kita ingat dan kita pikirkan. Belajarlah menamalkan ‘ilmu bungkus’. Setiap ingat sesuatu yang bersifat duniawi, segera bungkus ingatan atau pikiran tentangnya dan serahkan kepada Alloh Swt.

Serahkan dan sandarkan apa yang kita miliki atau apa yang kita ingat-ingat dari urusan duniawi itu kepada Alloh Swt. sebagai Dzat Yang Maha Memiliki segalanya. Yakinilah bahwa apapun yang kita miliki, apapun hasil kerja keras kita, itu semua adalah pemberian dari Alloh. Itu semua hanyalah titipan Alloh kepada kita.

Mengevaluasi diri adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Alloh Swt. berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Alloh dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Alloh, sesungguhnya Alloh Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Hasyr [59] : 18)

Imam Ibnu Katsir menerangkan bahwa yang dimaksud dengan “hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat)” adalah bahwa hendaknya kita memeriksa, menilai dan mengevaluasi diri sebelum nanti dievaluasi pada pengadilan Alloh Swt.

Ayat ini mengingatkan kita untuk tidak pernah jemu memeriksa hati kita agar senantiasa terkoneksi dengan kuat kepada Alloh Swt. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa manusia sangat lemah sehingga sangat mudah terkecoh oleh tipu daya syaitan yang bisa menyebabkan hati kita berpaling dari Alloh dan hanya fokus pada urusan duniawi.

Mengevaluasi diri juga penting untuk memeriksa bagaimana perbuatan kita kepada orang lain. Boleh jadi ada perbuatan-perbuatan kita yang menyinggung atau menyakiti orang lain, baik disadari maupun tidak. Hal ini penting bagi kita karena perbuatan baik maupun buruk akan kembali kepada diri kita sebagai pelakunya. Dan setiap kali ingat akan keburukan, segeralah memohon ampun kepada Alloh Swt. dan mohonlah maaf kepada orang yang mungkin tersinggung oleh kita.

Demikianlah pentingnya mengevaluasi diri agar kita senantiasa ingat kepada Alloh dan senantiasa bisa memperbaiki diri. Semoga kita tergolong hamba-hamba Alloh yang gemar mengevaluasi diri. Wallohua’lam bishowab.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Niaga Berkah dan Jilbab SHAREE

Comments

comments

About AndySyauqi