Home / Ulama / AaGym / Pentingnya Mengembangkan Diri – AaGym
pengembangan diri

Pentingnya Mengembangkan Diri – AaGym

Tidak ada sepatah katapun yang terlontar dari lisan kita, melainkan Alloh Swt. pasti mendengarnya. Tidak ada sejengkalpun kaki kita melangkah, melainkan Alloh pasti melihatnya. Dan tidak ada satu gerakanpun dari tangan kita, melainkan Alloh pasti mengetahuinya. Subhaanalloh. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada suri teladan kita, nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, seringkali orang menganggap bahwa kekayaan materi, harta benda, pangkat dan jabatan, popularitas adalah urusan yang paling penting di dalam hidup di dunia ini. Padahal urusan paling penting setelah keimanan dan amal sholeh adalah pengembangan diri.

Sesungguhnya kekayaan sejati yang perlu kita kembangkan siang dan malam dengan penung kesungguhan adalah ilmu pengetahuan, keterampilan dan wawasan kita. Sehingga semakin hari semakin bertambah, berkembang dan terukur secara signifikan.

Perlu bagi kita merancang program beserta target pencapaiannya kemudian mengalokasikan waktu, tenaga, hingga biaya secara khusus untuk mengembangkan diri secara efektif.

Karena pada kenyataannya kita melihat bahwa kian hari persoalan hidup yang kita temui kian berkembang pula. Berbagai macam masalah baru muncul sedemikian banyak dan cepat secepat perputaran waktu. Semua ini akan sulit kita hadapi jika kita tidak mengembangkan diri kita. Bahkan pengembangan diri yang kita lakukan harus bisa lebih cepat dari masalah yang kita hadapi.

Kita harus menyadari sepenuhnya bahwa mustahil hidup ini tak ada yang berubah. Semua hal akan bergerak dan mengalami perubahan. Segala perubahan ini tentu harus kita respon dengan kesiapan kita menghadapinya.

Biaya, tenaga, waktu yang terkuras demi untuk mengembangkan diri itu sebenarnya bukanlah pengeluaran, melainkan aset yang penting dan strategis. Aset ini tidak akan merugikan, melainkan sebaliknya justru akan menguntungkan baik cepat atau lambat.

Maka dari itu sahabatku, marilah kita mulai susun perencanaan untuk pengembangan diri kita. Buatlah program untuk menambah ilmu pengetahuan, keterampilan dan wawasan kita. Bisa dengan mengikuti kajian, pelatihan, kursus dan metode lainnya.

Alloh Swt. berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok….” (QS. Al Hasyr [59]: 18)

Demi Alloh, hidup di dunia ini hanya sebentar saja. Tak ada pilihan bagi kita selain memanfaatkannya sebaik mungkin. Dan mengembangkan diri adalah bentuk ibadah kita kepada Alloh karena hidup ini adalah amanah. Wallahua’lam bishowab.[]

 

Ditulis oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )

Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

 

Website ini didukung oleh Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

Comments

comments

About AndySyauqi