Home / Ulama / AaGym / Pentingnya Kekayaan
aagym - pentingnya kekayaan

Pentingnya Kekayaan

 

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt., Dzat Yang Maha Kaya, kekayaan-Nya tiada pernah terhitung dan tak terperkirakan. Dialah Dzat yang menciptakan kita dan mencukupi kebutuhan kita. Hanya kepada Alloh kita menyembah dan meminta. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw. Semoga kita termasuk orang yang mendapat syafaatnya kelak di hari kiamat.

Saudaraku, seringkali orang menganggap kekayaan itu berupa harta benda, pangkat, jabatan, popularitas, dan sejenisnya. Padahal kekayaan yang paling berharga sesudah iman dan amal sholeh adalah ilmu, wawasan dan keterampilan.

Sebetulnya kekayaan yang harus kita kembangkan dengan sungguh-sungguh adalah meningkatkan keilmuan, wawasan dan keterampilan kita. Sehingga kualitas diri kita semakin berkembang secara terukur dan signifikan dari waktu ke waktu.

Kita perlu merancang program berikut target serta mengalokasikan waktu, tenaga, dan biaya secara khusus untuk mengembangkan diri dengan efektif. Pada kenyataannya, kita akan menghadapi berbagai persoalan hidup yang semakin hari semakin berkembang pula, dan sulit bahkan tidak akan bisa dihadapi apalagi diselesaikan oleh pribadi yang tidak berkembang.

Kita harus menyadari sepenuhnya bahwa mustahil hidup ini tidak mengalami perubahan. Padahal perubahan adalah sunnatullah. Perubahan senantiasa berlangsung setiap saat disadari ataupun tidak. Banyak hal yang akan berubah di sekitar kita yang mungkin di luar dugaan kita. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengantisipasinya dengan mempersiapkan diri secara ilmu, wawasan dan keterampilan agar senantiasa siap menghadapi perubahan yang terjadi.

Biaya, tenaga, dan waktu yang terpakai untuk pengembangan diri sebenarnya bukanlah sebagai pengeluaran, melainkan aset penting dan strategis yang sama sekali tidak merugikan. Malah sebaliknya, justru menguntungkan.

Mari kita awali dengan kesadaran wajibnya menempa diri dan mengembangkan ilmu, wawasan dan keterampilan. Kemudian buatlah perencanaan dan target yang secara disiplin kita patuhi. Serta alokasikan segala sumber daya untuk mengimplementasikan rencana dan pencapaian target tersebut.

Saudaraku, selamat menikmati kebahagiaan hidup dengan jalan memperkaya diri dengan ilmu, wawasan dan keterampilan yang semakin berkembang. Insyaa Alloh kita akan merasakan manfaat yang besar jikalau ilmu, wawasan dan keterampilan kita berkembang.

Pantaslah jika kekasih Alloh, nabi Muhammad Saw. bersabda, “Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat.” (HR. Muslim) Artinya, Rosululloh Saw. menghendaki agar kita terus memperkaya diri dengan ilmu, wawasan dan keterampilan tidak terbatas di bangku sekolah saja, melainkan terus-menerus sepanjang hayat di kandung badan.

Semakin kualitas diri kita berkembang, maka insyaa Alloh akan semakin siap pula kita menjalani kehidupan dunia yang penuh dengan berbagai dinamika. Wallohua’lam bishowab.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Niaga Berkah dan Jilbab SHAREE

Comments

comments

About AndySyauqi