Home / Ulama / AaGym / Peka Pada Ladang Amal
aagym - peka pada ladang amal

Peka Pada Ladang Amal

Alhamdulillah. Segala puji hanyalah milik Alloh Swt. Hanya kepada Alloh kita menyembah dan hanya kepada Alloh kita memohon pertolongan dan perlindungan. Tiada yang patut disembah selain Alloh, Tuhan semesta alam. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada kekasih Alloh, baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, ketika kita melihat seekor kucing yang kurus, mengeong-ngeong nampak kehausan atau kelaparan, maka berikanlah sebagian kecil saja dari makanan kita, yang bisa mencukupi rasa lapar dan hausnya. Atau ketika melihat tanaman yang layu dan mengering di sebuah pot, bersegeralah ambil segayung air, lalu siramilah tanaman itu.

Demi Alloh, sesungguhnya Alloh melihat perbuatan kita. Kucing dan tanaman tadi adalah makhluk Alloh, sama seperti kita. Dan, menyayangi, merawat, menjaga, makhluk Alloh berarti mencintai Pencipta-nya. Kita berbuat baik pada kucing itu bukan karena kucing itu bagus. Kita juga berbuat baik pada tanaman itu bukan karena tanaman itu mahal. Tapi karena kita yakin bahwa semua makhluk adalah ciptaan Alloh, dan kita yakin bahwa tak ada amal yang sia-sia di hadapan Alloh Swt.

Alloh Swt. berfirman, Alloh Swt. berfirman, “Sesungguhnya Alloh mengetahui yang tersembunyi di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati.” (QS. Faathir [35] : 38).

Sehelai daun yang jatuh di tengah hutan belantara yang belum pernah terinjak oleh kaki manusia, pasti Alloh mengetahuinya dan ada di dalam kekuasaan-Nya. Sesungguhnya Alloh pasti melihat perbuatan kita menolong seekor kucing, menyirami tanaman yang layu dan kering, memungut secuil sampah dan menyimpannya pada tempat yang semestinya,  atau sekedar mendoakan kebaikan di dalam hati untuk orang lain. Alloh pasti mengetahui semua itu. Dan tidak ada yang sia-sia bagi Alloh, semua pasti ada nilai dan balasannya.

Begitu banyak ladang amal yang nampak sederhana di sekitar kita. Namun, seringkali luput dari perhatian kita. Boleh jadi karena kita masih berpikir bahwa amal sholeh dan ibadah itu hanya pada sholat, pada tilawah Al Quran, pada shaum atau pada sedekah saja. Padahal masih banyak ladang amal ibadah lainnya yang jika kita ambil dan lakukan dengan ikhlas, insyaa Alloh nilainya akan besar di sisi Alloh Swt.

Ambillah setiap kesempatan beramal sholeh sekecil apapun. Jangan pernah merasa cukup dengan amal sholeh yang sudah kita lakukan. Sesungguhnya ladang amal sholeh tidak hadir begitu saja di dekat kita, melainkan karena atas izin Alloh Swt. Maka syukurilah dengan bersegera mengambil ladang amal sholeh itu. Tepis segala bisikan syaitan yang selalu saja menyeret-nyeret hati kita kepada rasa riya’, ingin dilihat orang lain. Semoga kita tergolong hamba-hamba Alloh yang senantiasa peka menangkap kesempatan beramal sholeh sekecil apapun. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

 

Comments

comments

About AndySyauqi

  • Terbuka sudah pikiran ini tentang ladang amal. Betul, biasanya yang kita anggap ibadah hanyalah sholat, puasa, zakat. Padahal banyak sekali ladang amal di depan mata kita.