Home / Ulama / AaGym / Orang yang Paling Berkuasa
aagym - orang yang paling berkuasa

Orang yang Paling Berkuasa

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt., Dzat Yang Maha Menguasai segala sesuatu. Apapun yang ada di alam semesta ini tunduk di hadapan-Nya. Hanya kepada Alloh kita menyembah dan kepada-Nya kita pasti kembali. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, semoga Alloh Swt. menjadikan kita orang-orang yang memiliki kekuatan dan kemampuan menguasai hawa nafsu diri. Bukan sebaliknya, dikuasai oleh hawa nafsu. Karena ternyata seseorang yang sebesar apapun kekuasaannya, setinggi apapun posisinya, jikalau ia tidak bisa menguasai hawa nafsunya, maka sesungguhnya dia hanyalah budak. Budak dari hawa nafsunya sendiri.

Oleh karena itu, orang yang paling berkuasa di antara sekian banyak manusia adalah orang yang paling bisa menguasai dan mengendalikan hawa nafsunya dengan baik dan benar. Karena kita celaka, kita menjadi rendah dan hina, adalah justru karena kita diperbudak hawa nafsu. Berapa banyak orang yang sudah dikaruniai jabatan tinggi namun karena tidak bisa menguasai hawa nafsu untuk berbuat korupsi, maka dia jatuh ke tempat yang sangat rendah dan hina.

Begitu juga dengan hawa nafsu berupa amarah. Sebesar apapun kekuasaannya, jikalau ia tidak bisa mengendalikan amarah, maka ia akan mudah terjatuh pada jebakan hawa nafsu yang rendah. Amarah yang tidak terkendali akan berbuah kata-kata dan tindakan yang tidak terkendali pula yang pada akhirnya merendahkan dirinya sendiri.

Alloh Swt. berfirman, “..Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ro’du [13] : 28)

Maka sahabatku, mari kita senantiasa bersungguh-sungguh menghadirkan Alloh di dalam hati kita. Sehingga setiap kali kita menemui godaan, setiap kali kita merasakan hawa nafsu yang bergejolak, kita mampu menguasai dan mengendalikannya. Inilah sesungguhnya ciri orang yang tangguh dan berkuasa, yaitu orang yang mampu menguasai dan mengendalikan hawa nafsunya sendiri. Semoga kita termasuk orang-orang yang demikian. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi