Home / Ulama / AaGym / Niat Berbuat Baik
aagym - niat berbuat baik

Niat Berbuat Baik

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt., Dzat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan Doa. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan, apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Alloh mengetahuinya.” (QS. Ali ‘Imron [3] : 92)

Dalam sebuah hadits qudsi Alloh Swt. berfirman, “Wahai anak Adam, bersedekahlah, niscaya Aku memberi rezeki kepadamu.” (HR. Abu Daud)

Saudaraku, oleh karena itu jauhkanlah sifat kikir, pelit dari diri kita. Sebagian orang mungkin mengira bahwa jika ia kikir atau pelit, maka ia akan cepat kaya raya, hartanya akan bertambah dengan cepat jumlahnya. Padahal, sifat kikir justru merupakan penjara bagi dirinya. Tanpa disadari sifat kikir akan menghalangi dirinya dengan rezeki yang jauh lebih nikmat dan berkah.

Akan tetapi, jangan pula kita mengeluarkan sedekah, infak, zakat, wakaf, dengan niat pamrih ingin mendapatkan balasan harta yang lebih banyak. Lakukanlah kebaikan dengan niat ikhlas hanya mengharap ridho Alloh semata, demi agar Alloh cinta kepada kita. Karena, sesungguhnya keridhoan Alloh akan mendatangkan berbagai karunia kepada kita dan dari berbagai jalan yang tidak kita duga sebelumnya.

Semoga Alloh Swt. senantiasa melimpahkan hidayah kepada kita sehingga kita bisa menjadi pribadi-pribadi yang ringan dalam beramal dan ikhlas. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi