Home / Ulama / AaGym / Mengendalikan Diri
aagym - mengendalikan diri 2

Mengendalikan Diri

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt., Dzat Yang Maha Memberi karunia yang tiada bertepi. Tiada yang bisa menghitung karunia Alloh. Semoga kita termasuk hamba-hamba-Nya yang bersyukur. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, penting bagi kita untuk mampu mengendalikan diri. Mengendalikan diri supaya tidak terjerumus ke dalam kemusyrikan. Karena hawa nafsu selalu mendorong kita untuk sibuk dengan selain Alloh. Maka, kita kendalikan diri kita untuk senantiasa bisa kembali mendekat kepada Alloh setelah sempat menjauh, kita kendalikan iman kita kuat kembali setelah sempat melemah.

Kita juga perlu mengendalikan diri dari kemunafikan. Munafik itu senang membagus-bagus bungkus supaya terlihat keren, baik, indah dalam pandangan makhluk, sedangkan isinya dibiarkan busuk. Nah, kita harus bisa mengendalikan diri agar terhindar dari kemunafikan, dan sibuk memperbaiki diri serta mencari penilaian Alloh Swt.

Kemampuan mengendalikan diri adalah urusan penting dalam hidup kita. Oleh karena itu Rosululloh Saw. bersabda, “Orang yang kuat bukanlah orang yang kuat dalam bergulat, namun orang yang mampu mengendalikan dirinya di kala marah.” (HR. Muttafaq’alaih)

Mengendalikan diri bukanlah hal yang mudah, akan tetapi ia akan menjadi mudah jika kita semakin terbiasa. Semakin kita bersungguh-sungguh melatih diri untuk mampu mengendalikan diri, semakin kita akan terbiasa, dan semakin terbentuklah akhlak mulia pada diri kita. Insyaa Alloh![]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi