Home / Ulama / AaGym / Mengenal Alloh
Allah

Mengenal Alloh

Alhamdulillah! Segala puji hanya milik Alloh Swt., Dzat Yang Maha Mencipta, yang telah menciptakan yang ada dari tiada, dan yang kuasa menjadikan yang ada menjadi tiada. Hanya di tangan Alloh Swt. segala urusan. Dan, hanya kepada Alloh kita memohon pertolongan. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, kita yakin bahwa yang menciptakan kita tiada lain selain Alloh. Kita yakin bahwa yang menghidupkan dan mematikan kita hanyalah Alloh. Kita yakin bahwa yang memberi rezeki kita hanya Alloh. Kita yakin bahwa Alloh yang kuasa atas segala-galanya. Dan, kitapun yakin hanya kepada Alloh kelak kita akan kembali.

Akan tetapi saudaraku, jika kita renungkan, rupanya kita masih saja memberikan “sisa” dari hidup kita kepada Alloh. Ingat kepada Alloh, hanya sisa dari urusan-urusan duniawi. Sisa dari ingat orang, ingat uang, ingat pasangan. Sujud kepada Alloh, hanya sisa dari kesibukan-kesibukan, tidak spesial. Sedekah, hanya sisa dari uang jajan, uang nonton, uang nongkrong. Baca Al Quran, hanya sisa dari baca majalah, baca koran, baca internet. Menyebut nama Alloh, juga hanya sisa, dibanding menyebut nama-nama yang lain.

Padahal langit, bumi dan segala hal yang ada, adalah sempurna milik Alloh Swt. Dan yang lebih menyedihkan lagi adalah kita mencari ilmu tentang Alloh pun hanyalah sisa dari mencari ilmu-ilmu lainnya. Begitu serius kita mencari ilmu matematika, ilmu bahasa, ilmu biologi, ilmu kedokteran. Tapi mencari ilmu tentang Alloh tidak menjadi bagian dari prioritas dalam hidup kita. Inilah sumber masalah kita.

Inilah sumber masalah kita, kita belum mengenal Alloh dengan baik dan benar. Inilah kemudian yang menyebabkan timbulnya rangkaian masalah di dalam hidup kita. Hidup tidak tenang, gelisah, stress, galau. Pasti karena tidak kenal dengan Alloh.

Padahal jika mengenal Alloh, hidup kita jauh lebih nyaman dan tenang. Memang ada kesedihan, ada kegelisahan. Tapi urusannya bukan urusan duniawi, tapi karena urusan takut tidak bisa dekat dengan Alloh, takut tidak mendapat ridho dari Alloh.

Inilah sumber masalah dalam hidup kita. Kita lebih serius kepada uang, pangkat, jabatan, kedudukan, popularitas, pujian dan sanjungan, ketimbang serius kepada Alloh. Padahal tidak ada yang bisa memberikan semua itu kecuali Alloh Swt.

Oleh karena itu saudaraku, marilah kita senantiasa serius untuk mengenal Alloh. Keseriusan itu kita buktikan dengan menjadikan Alloh sebagai prioritas untuk kita kenal baik sebelum ataupun setelah mengenal berbagai makhluk-Nya. Setiap yang kita baca, yang kita lihat, yang kita dengar, yang kita sentuh, semestinya menjadi bahan tafakur kita terhadap Dzat Yang Maha Pencipta, Alloh Swt.

Karena hakikat hidup kita adalah untuk beribadah kepada Alloh Swt. Bagaimana kita bisa baik dan benar dalam beribadah kepada-Nya jikalau kita tidak mengenal-Nya. Alloh Swt. berfirman, Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzaariyaat [51] : 56)

Seriuslah menghadiri majlis ta’lim, pengkajian dan majlis-majlis lainnya yang bisa membuat kita semakin mengenal Alloh dan semakin dekat dengan-Nya. In syaa Alloh hidup kita akan jauh lebih terarah, lebih tenang, dan lebih mantap. Wallohu a’lam bishowab.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

Comments

comments

About AndySyauqi