Home / Ulama / AaGym / Mengelola Pujian
aagym - mengelola pujian

Mengelola Pujian

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Dialah Dzat Yang Maha Agung lagi Maha Terpuji. Tiada yang berhak atas segala pujian selain Alloh Swt. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, Segala puji bagi Alloh, Tuhan semesta alam.” (QS. Al Fatihah [1] : 2)

Tidak ada pujian yang lebih berhak menerimanya selain pujian kepada Alloh Swt. Siapapun yang mendapat pujian, maka sesungguhnya setiap pujian adalah karunia dari Alloh. Maka, sepatutnya setiap ujian yang datang kepada kita dikembalikan kepada Alloh. Siapapun yang merasa bahwa pujian yang datang adalah milik dirinya, maka dia menyalahi dirinya sendiri : lisan menyebut bahwa segala puji hanya milik Alloh, akan tetapi dia tamak pada sanjungan dan pujian dari makhluk.

Siapapun yang berdzikir dengan tahmid “Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin”, maka dia harus selalu sadar bahwa apapun yang membuat dirinya dipuji adalah karunia Alloh semata, dan setiap pujian yang mengarah kepada dirinya hakikatnya adalah milik Alloh dan dikembalikan kepada Alloh.

Pujian jika ditelan bulat-bulat tanpa disaring dengan ilmu tauhiid, maka akan menjadi sesuatu yang melenakan. Pujian memang indah, tapi jika dibiarkan liar maka ia akan menjadi sumber malapetaka : menghanyutkan hati dalam rasa ujub, sombong dan riya, menjauhkan diri dari keikhlasan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terampil mengelola pujian. Kita tidak bisa mengatu, menahan atau melarang orang lain agar tidak memuji kita. Akan tetapi, pandai-pandailah mengelola setiap pujian yang datang dengan senantiasa menyerahkannya kepada Alloh Swt. dan terus-menerus memeriksa kebersihan hati dari bibit-bibit penyakit hati. Semoga Alloh Swt. senantiasa memberi kita petunjuk sehingga kita termasuk orang-orang yang selamat. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi