Home / Ulama / AaGym / Mengandalkan Alloh Swt.
aagym - mengandalkan Allah

Mengandalkan Alloh Swt.

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Baik, senantiasa memberi pertolongan kepada kita dalam menghadapi berbagai persoalan hidup ini. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, kalau kita mempunyai persoalan dalam hidup, maka ketika kita meminta tolong kepada sesama manusia, boleh jadi tidak mudah mendapatkannya. Atau, ada persyaratannya. Atau, ada permintaan timbal baliknya. Karena manusia memang memiliki banyak sekali kekurangan, kelemahan dan keterbatasan.

Namun, lain halnya jikalau kita meminta pertolongan kepada Alloh Swt. Sesungguhnya Alloh Maha Kuasa dan Maha Pemilik segalanya. Tidak ada yang sulit dan tidak ada yang mustahil bagi-Nya. Yang sulit adalah manusia sulit mengakui sepenuh hati bahwa hanya Alloh tempatnya bergantung dan meminta. Bahkan, jangankan dipinta, sebelum dipintapun Alloh sudah mengetahui kebutuhan kita dan memenuhinya.

Rosululloh Saw. mengajarkan sebuah doa, “Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan (“Wahai Robb Yang Maha Hidup, wahai Robb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya).” (HR. Ibn As Sunni, An Nasai, Al Bazzar)

Kehidupan ini Alloh yang menciptakan, Alloh yang memiliki dan Alloh yang menguasai. Maka, tempat utama kita untuk berlindung dan meminta hanyalah Alloh Swt. Syariatnya, pertolongan Alloh akan datang dengan berbagai macam cara yang sangat mungkin tidak pernah kita sangka-sangka. Yang terpenting bagi kita adalah mengakui dengan sungguh-sungguh bahwa kita tiada daya dan upaya kecuali hanya karena pertolongan-Nya. Semoga Alloh Swt. senantiasa melimpahi kita dengan hidayah dan pertolongan-Nya. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi