Home / Ulama / AaGym / Menafakuri Kebesaran Alloh
aagym - menafakuri kebesaran Alloh

Menafakuri Kebesaran Alloh

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Mengetahui segala kejadian baik yang terang maupun yang paling tersembunyi, menggolongkan kita sebagai ahli takwa. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Sebelum suatu bangunan megah berdiri, ia adalah berupa perencanaan, gambar, hitung-hitungan, dan bahan-bahan bangunan yang bertumpukan. Setelah dirancang, dihitung, dan dibangun dengan memakan waktu sekian lama dan melibatkan sekian banyak tenaga ahli, maka terbentuklah bangunan itu.

Pertanyaan yang perlu kita hadirkan adalah, lantas bagaimana proses terbentuknya alam semesta ini yang begitu megah, detail, kompleks, presisi, dan teratur?! Jangankan memikirkan proses penciptaan alam semesta, memikirkan penciptaan diri kita sendiri saja sungguh tidak cukup waktu kita untuk memikirkannya. Betapa agung kekuasaan Alloh Swt.

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan)  dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Alloh, Pencipta Yang Paling Baik.” (QS. Al Mu`minun [23]: 12-14)

Jikalau kita senantiasa peka untuk mau tafakur pada setiap apa yang kita saksikan atau yang kita alami, maka pasti kita akan berjumpa dengan begitu banyak bukti-bukti kesempurnaan dan keagungan Alloh Swt. Yang membuat kita kemudian merasa kecil dan lemah di hadapannya, tidak layak kita untuk tinggi hati atau sombong.

Semoga Alloh Swt. senantiasa membimbing kita dengan hidayah-Nya sehingga kita menjadi orang-orang yang terampil menafakuri tanda-tanda kebesaran Allh Swt. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi