Home / Ulama / AaGym / Membantu Dengan Bantuan Terbaik
aagym - membantu dengan bantuan terbaik

Membantu Dengan Bantuan Terbaik

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Kaya, mengaruniakan kepada kita kekuatan untuk istiqomah di jalan-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Barangsiapa yang memberikan pertolongan yang baik, niscaya ia akan memperoleh bahagian (pahala) dari padanya. Dan, barangsiapa memberi pertolongan yang buruk, niscaya ia akan memikul bahagian (dosa) dari padanya. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. An Nisaa [4] : 85)

Saudaraku, jika kita berniat menolong orang lain, maka laksanakanlah niat itu, berikanlah pertolongan dengan sesuatu yang terbaik yang bisa kita lakukan untuknya. Bayangkan jika kita ada di posisi dia. Ketika ada saudara kita yang tertimba bencana alam, kemudian kita hendak memberi bantuan pakaian, maka bantulah dengan pakaian-pakaian yang patut. Jangan mentang-mentang untuk sumbangan, maka kita memberikan baju-baju bekas yang sudah sobek, kucel atau bolong.

Bantulah dengan hal terbaik yang bisa kita berikan. Inilah perbuatan yang Alloh sukai. Karena ketika kita memberi bantuan secara ikhlas dengan hal yang terbaik, sesungguhnya kita tidak pernah rugi. Sebaliknya, justru kita beruntung karena setiap kebaikan yang kita lakukan sesungguhnya itu akan kembali kepada kita. Demikian juga dengan setiap keburukan yang kita lakukan, pasti akan kembali kepada kita.

Meskipun yang akan kita berikan adalah pakaian bekas, namun perlakukanlah pakaian itu dengan baik. Cuci terlebih dulu, setrika, lipat dengan pantas sebagaimana pakaian itu adalah untuk kita kenakan sendiri.  Jangan sampai kita memberikan barang untuk orang lain dengan alasan karena barang tersebut sudah jelek. Alasan kita memberikan sesuatu kepada orang lain justru harus karena barang itu masih bagus untuk dipakai.

Betapa indah Islam ini. Semoga Alloh Swt. senantiasa memberikan kekuatan kepada kita untuk menjadi pribadi-pribadi yang gemar menolong dan meringankan beban saudaranya. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi