Home / Ulama / AaGym / Kunci Syukur [2]
aagym - kunci syukur 02

Kunci Syukur [2]

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Dialah Dzat Yang Maha Memiliki segala karunia. Tiada yang wajib disembah selain Alloh dan tiada yang mampu memberi pertolongan kecuali hanya Alloh. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Kunci kedua untuk menjadi pribadi yang pandai bersyukur kepada Alloh Swt. adalah dzikir memuji Alloh Swt. Sebuah keterangan diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallaah, dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillaah.” (HR. Tirmidzi, Hakim, Ibnu Majah, Ibnu Hibban)

Basahkan lisan kita dengan dzikir dan doa memuji Alloh Swt. Tiada satupun perbuatan Alloh Swt. kecuali pasti kebaikan. Tidak ada sekecil apapun ketetapan Alloh kecuali pasti ada hikmahnya. Tidak ada peristiwa yang terjadi kecuali atas izin Alloh dan semuanya itu tidak ada yang sia-sia. Latihlah lisan kita untuk senantiasa spontan memuji Alloh setiap kali menyaksikan suatu peristiwa, sesederhana apapun peristiwa tersebut.

Demikian juga manakala kita menghadapi kenyataan hidup. Senantiasa ucapkan Alhamdulillaah atas apapun kenyataan yang kita hadapi, baik itu sesuatu yang menurut kita kemudahan maupun kesulitan. Setiap menemui kemudahan maka pujilah Alloh sebagai Dzat Yang Maha Memiliki dan Maha Memberi. Tiada mungkin kemudahan itu terjadi kecuali atas izin Alloh Swt.

Demikian juga dengan kesulitan yang kita hadapi, jika kita renungi lebih dalam, kesulitan adalah karunia yang perlu disyukuri. Mengapa? Karena dengan kesulitan kita bisa menemukan kesempatan untuk mengintrospeksi diri, mentaubati kelalaian yang boleh jadi kita lakukan secara disadari maupun tidak. Kesempatan untuk introspeksi dan memperbaiki diri adalah kesempatan yang sangat berharga dari Alloh Swt. Karena artinya Alloh sedang menyapa kita dengan kasih sayang-Nya supaya kita istiqomah berpegang teguh kepada-Nya. Maasyaa Alloh!

Saudaraku, marilah kita rajin memenuhi lisan kita dengan memuji Alloh Swt. Semoga  Alloh Swt. mencatat dzikir dan doa kita sebagai amal ibadah yang mendatangkan ridho-Nya kepada kita. Aamiin yaa Robbal’aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi