Home / Ulama / AaGym / Kunci Syukur [1]
aagym - kunci syukur 01

Kunci Syukur [1]

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Dialah Dzat Yang Maha Kuasa atas seluruh alam ini. Hanya kepada Alloh kita memohon perlindungan dan hanya kepada-Nya kita akan kembali. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Karunia Alloh Swt. yang kita terima akan terasa sebagai nikmat apabila kita bersyukur. Syukur itu mengikat nikmat yang sudah kita terima dan mengundang atau menarik nikmat yang belum kita terima. Ada beberapa kunci penting yang perlu kita miliki agar menjadi pribadi yang pandai bersyukur. Kunci yang pertama, hati haqqul yakin bahwa segala karunia adalah milik Alloh dan dari Alloh.

Alloh Swt. berfirman, “Katakanlah: “Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Ali ‘Imran [3] : 26)

Hati yang senantiasa lurus, ajeg, yakin dengan sungguh-sungguh bahwa Alloh adalah sumber dari segalanya, bahwa hanya Alloh yang kuasa atas segalanya, adalah modal paling mendasar dan utama menjadi ahli syukur. Karena hati adalah cerminan diri kita sepenuhnya, jika hati baik maka diri kita sepenuhnya baik. Dan, Alloh Maha Mengetahui keadaan yang paling rahasia yang tersimpan di dalam hati kita.

Tiada syukur bagi orang yang tidak ada keyakinan kepada Alloh di dalam hatinya. Sebagai contoh sederhana, bagaimana bisa kita berterimakasih kepada seseorang atas hadiah yang kita terima jika kita tidak yakin siapa pemberi hadiah itu. Jika tidak yakin dari siapa hadiah itu maka kita akan gamang dan ragu untuk berterimakasih kepada siapa. Sedangkan jika kita tahu secara pasti dan yakin bahwa si X yang memberi hadiah itu, maka kita akan mantap saat berterimakasih kepadanya.

Demikianlah, hati yang yakin kepada Alloh menjadi faktor paling penting untuk menjadi ahli syukur. Kita tahu bahwa Alloh Pemilik segalanya, bahwa Alloh Maha Kuasa atas segalanya dan Maha Memberi Rezeki pada seluruh makhluk-Nya, maka kita akan mantap bersyukur kepada-Nya.

Semoga kita termasuk hamba-hamba Alloh yang memiliki kebeningan hati dan keyakinan yang kokoh kepada Alloh Swt. Karena hanya orang yang memiliki kebeningan hati yang akan kembali kepada Alloh dalam keadaan selamat. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi