Home / Ulama / AaGym / Ketatapan Alloh Selalu Tepat
aagym - ketetapan alloh

Ketatapan Alloh Selalu Tepat

 

Alhamdulillah. Puji dan syukur hanyalah milik Alloh Swt. Hanya Alloh yang kuasa mempergilirkan malam dan siang, gelap dan terang. Hanya Alloh yang kuasa mengatur pergerakkan benda-benda langit secara tepat dan presisi. Dan, hanya Alloh yang kuasa mencukupi rezeki seluruh makhluk di alam semesta ini. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, tak ada takdir Alloh Swt. yang terlambat, tak ada takdir Alloh yang terlalu cepat. Tak ada takdir Alloh yang salah atau tertukar atau meleset. Setiap ketetapan Alloh pasti selalu tepat. Keterlambatan, kesalahan, terlalu cepat, tertukar, meleset, itu hanyalah penilaian manusia semata yang semu dan lemah. Pada akhirnya, manusia tetap akan menyadari bahwa yang telah terjadi itu selalu mengandung hikmah kebaikan yang tak diduga sebelumnya. Subhaanalloh!

Ada seorang bapak yang mengeluh karena setelah dua tahun pernikahannya belum juga dikaruniai momongan. Bapak ini juga mengeluh karena merasa terlambat ketika menikah, yaitu pada usia empat puluh tahun.

Jodoh adalah salah satu dari kekuasaan Alloh yang tak bisa dijangkau manusia. Ada yang sedemikian rupa mengusahakannya, bahkan sudah masuk pada tahap perencanaan pernikahan. Namun, tanpa diduga batal beberapa hari sebelum hari H. Di tempat lain, ada yang belum terpikir untuk menikah, namun secara tiba-tiba saja dipertemukan dengan seseorang yang tepat lalu sepakat untuk menikah tidak lama kemudian.

Demikianlah takdir Alloh, dan setiap takdir-Nya pasti baik. Jikalau ada keinginan supaya jodoh atau rezeki kita dipercepat, maka tak ada langkah terbaik untuk mengupayakannya selain dari meminta kepada Dzat Yang Maha Memilikinya. Tak ada sikap terbaik selain dari hanya meminta kepada Alloh Swt. melalui doa-doa kita. Doa adalah kekuatan terdahsyat seorang muslim. Doa adalah kekuatan yang bisa mengubah takdir atas izin Alloh Swt.

Rosululloh Saw. bersabda, “Tidak ada yang dapat menolak taqdir (ketentuan) Alloh ta’ala selain doa. Dan Tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik.” (HR Tirmidzi)

Kita meyakini bahwa setiap ketetapan Alloh pastilah berupa kebaikan. Dan, Alloh dengan kemurahan-Nya memberikan fasilitas luar biasa kepada kita berupa doa yang bisa mempertemukan kita dengan takdir Alloh yang lain yang kita dambakan dan diizinkan oleh-Nya. Allohu Akbar!

Semoga Alloh mengkaruniakan kita hati yang senantiasa peka dalam menangkap hidayah-Nya, dan semoga kita tergolong hamba-hamba Alloh yang tiada pernah putus asa terhadap keadaan serta senantiasa berbaik sangka bahwa segala ketetapan Alloh adalah kebaikan bagi kita. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEF


Comments

comments

About AndySyauqi