Home / Ulama / AaGym / Jika Mencari Penolong Selain Alloh
aagym - jika mencari penolong selain Allah

Jika Mencari Penolong Selain Alloh

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Menguasai segala rahasia di dalam hati, menjadikan kita hamba-hamba yang istiqomah di jalan-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “..dan mereka menjawab: “Cukuplah Alloh menjadi penolong kami dan Alloh adalah sebaik-baik Pelindung”. Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar) dari Alloh, mereka tidak mendapat.” (QS. Ali ‘Imron [3] : 173-174)

Saudaraku, saat kita gundah gulana, galau, sedih karena masalah yang sedang menimpa kita, kemudian kita bercerita, curhat kepada orang lain tentang apa yang sedang kita rasakan. Maka, boleh jadi cerita atau curhatan kita itu akan sampai kepada orang ketiga, orang keempat, dan seterusnya, menyebar semakin luas dengan disertai cerita-cerita tambahan yang sama sekali jauh dari kebenaran. Jika sudah demikian maka akan menjadi dusta. Dan, yang lebih parah lagi menjadi fitnah.

Begitulah jikalau tidak menjadikan Alloh sebagai tempat utama untuk berkeluh kesah, tempat mengadu dan memohon pertolongan. Kita seringkali lupa kepada Alloh sehingga menomorduakan atau menomorsekiankan Alloh. Kita lebih bersegera mengadu kepada manusia, berharap lebih kepada manusia, padahal apalah artinya manusia jika tanpa pertolongan Alloh Swt.

Jika kita bercerita kepada seseorang, belum tentu orang tersebut bisa menjadi pendengar yang baik. Belum tentu pula ia bisa sedang dalam kondisi siap untuk mendengarkan. Boleh jadi ia pun sedang memiliki masalah yang lebih besar, hanya saja ia tidak bercerita kepada kita. Dan, belum tentu juga dia bisa memberi pertolongan dan jalan keluar.

Sedangkan Alloh Maha Penolong, ditangan-Nya segala jalan keluar karena di dalam kekuasaan-Nya pula setiap permasalahan. Bukan tidak boleh bercerita kepada manusia. Akan tetapi, jadikanlah selalu Alloh yang utama. Jadikan selalu Alloh tempat berharap dan meminta. Tidak ada masalah yang Alloh izinkan kecuali sesuai dengan kadar kemampuan kita memikulnya. Maka, jadikanlah Alloh sebagai satu-satunya Penolong. Hati kita bisa lebih lapang, jalan keluar pun akan lebih mudah ditemukan. InsyaaAlloh!

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi