Home / Ulama / AaGym / Jika Amal Karena Makhluk
aagym - jika amal karena mahluk

Jika Amal Karena Makhluk

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Baik, senantiasa melimpahkan hidayah kepada kita sehingga kita termasuk orang-orang yang husnul khotimah. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Alloh dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan sholat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Al Bayyinah [98] : 5)

Saudaraku, jika kita beramal kebaikan karena mengharapkan penghargaan makhluk, maka siap-siaplah untuk kecewa. Kenapa? Karena sesungguhnya makhluk itu lemah, tidak berdaya, hatinya mudah berubah. Sungguh sangat mudah bagi Alloh untuk membolak-balikkan hati manusia dari yang awalnya suka menjadi tidak suka, dari yang asalnya cinta menjadi tidak cinta. Dan, jika ini sudah terjadi maka kita tidak bisa apa-apa selain merasakan kekecewaan.

Oleh karena itu, kalau kita merasakan kecewa karena suatu kejadian, segera periksa ke dalam hati, apakah yang mendominasi hati kita. Nama siapakah yang memenuhi hati kita. Jika hati kita dipenuhi dengan nama makhluk, setiap saat hanya dia yang kita ingat, setiap perbuatan hanya demi dia, maka inilah sumber kekecewaan itu. Sedangkan jika hati kita dipenuhi dengan nama Alloh, setiap tujuan dari amal kita adalah Alloh, niscaya hati kita tetap tenang, sepahit apapun kenyataan yang kita hadapi.

Maka, penting bagi kita untuk istiqomah menjaga niat beramal hanya lillaahi ta’ala. Niatkan setiap kebaikan hanya mengharap penilaian dari Alloh semata. Tepiskan bisikan-bisikan syaitan yang selalu menghasut kita untuk riya. Yakinlah bahwa Alloh Maha Kuasa, lurus saja mengharapkan ridho-Nya. Insyaa Alloh, Alloh akan gerakkan setiap apapun untuk kebaikan kita. Wallohu a’lam bishowab.[]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi