Home / Ulama / AaGym / Jelas Dalam Hidup
aagym - jelas dalam hidup

Jelas Dalam Hidup

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Ar Rohmaan Ar Rohiim, menjadikan kita hamba-hamba-Nya yang senantiasa bersabar dan bersyukur. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Seperti pesawat terbang yang akan mendarat, dia tidak akan bisa mendarat kalau sang pilot pandangannya tidak jelas misalnya karena terhalang awan yang tebal. Jikapun bukan karena awan, pesawat akan kesulitan mendarat jikalau komunikasi dengan menara bandara tidak jelas. Nah, demikian pula kita dalam hidup ini, kita tidak akan selamat kalau tidak jelas tujuan hidup ini, tidak mengerti kemana dan bagaimana harus mengarungi hidup ini.

Alloh Swt. berfirman, “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat [51] : 56)

Orang yang tidak mengerti bahwa hidupnya adalah untuk beribadah kepada Alloh Swt., maka cenderung akan menjalani hidupnya dengan tanpa memandang halal atau haram. Tolak ukur baginya adalah hawa nafsu, kalau enak ya ambil kalau tidak enak yang tinggalkan. Dia juga tidak mengerti bagaimana menyelesaikan masalah dengan cara-cara terbaik yaitu cara yang diridhoi Alloh Swt. Dia akan menghalalkan segala cara yang terpenting keinginannya tercapai.

Oleh karena itu, kita perlu istiqomah dalam memegang tujuan hidup kita dan kita terapkan tujuan tersebut pada setiap kegiatan kita. Misalnya kita yakin tujuan hidup kita adalah untuk beribadah kepada Alloh, nah terapkan tujuan ini dalam setiap sendi kehidupan kita salah satunya dalam sholat kita. Kalau tujuan sholat kita tidak jelas, maka kita akan susah khusyu, susah tumaninah, mudah lupa, kurang konsentrasi karena sholatnya seperti ritual rutinan semata. Sedangkan jika kita jelas tujuannya dalam sholat, maka sholat kita akan berkualitas.

Semoga kita termasuk hamba-hamba Alloh yang memiliki kejelasan dalam hidup ini. Dan istiqomah pada tujuan itu, yaitu meraih ridho Alloh Swt. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi