Home / Ulama / AaGym / Ikhtiar Adalah Ibadah
aagym - ikhtiar adalah ibadah

Ikhtiar Adalah Ibadah

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Tiada yang sebanding dengan-Nya, tiada yang bisa menyerupai kesempurnaan-Nya dalam penciptaan. Hanya kepada Alloh kita memohon perlindungan. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, setiap kita sakit, kemudian kita ikhtiar untuk sembuh dengan cara memeriksakan diri ke dokter dan mengkonsumsi obat, maka kesembuhan yang kita dapatkan kemudian, itu hakikatnya bukanlah karena dokter atau karena obat, melainkan karena Alloh Yang Maha Menyembuhkan.

Demikian pula ketika kita bekerja, ikhtiar mencari nafkah untuk menghidupi keluarga kita. Ketika ikhtiar kita berhasil dan kitapun bisa pulang dengan membawa rezeki, maka hakikatnya rezeki tersebut bukan karena kerja kita, melainkan karena Alloh Yang Maha Memberi Rezeki.

Saudaraku, ikhtiar kita adalah ibadah kita kepada Alloh Swt. Kita menjemput karunia Alloh dengan ibadah terbaik kita, dengan ikhtiar terbaik yang bisa kita lakukan. Ikhtiar yang dilakukan dengan segenap rasa yakin bahwa Alloh Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ikhtiar yang diiringi dengan segenap kejujuran, keikhlasan dan keyakinan bahwa Alloh Maha Menyaksikan.

Imam Ahmad pernah ditanya tentang seorang laki-laki yang hanya duduk-duduk di rumahnya atau di masjid seraya berkata, “Aku tidak mau bekerja sedikitpun, sampai rezekiku datang sendiri kepadaku”. Maka beliau berkomentar, “Ia adalah laki-laki yang tidak mengenal ilmu. Sungguh Nabi Saw. telah bersabda, ‘Sesungguhnya Alloh telah menjadikan rezekiku dalam bayang-bayang tombak perangku (ghonimah)’. Dan beliau juga bersabda, ‘Sekiranya kalian bertawakkal kepada Alloh dengan sebenar-benarnya, niscaya Alloh memberimu rezeki sebagaimana yang diberikan-Nya kepada burung-burung. Mereka pergi pagi-pagi dalam keadaan lapar dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang.’ (HR.Tirmidzi).

Ikhtiar adalah ladang ibadah kita kepada Alloh Swt. Jalani ikhtiar dengan penuh rasa tawakal, maka Alloh akan melimpahkan ampunan, pertolongan, dan kemudahan kepada kita sehingga kita mendapatkan kebahagiaan dalam menjalani hidup ini. Insyaa Alloh![]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi