Home / Ulama / AaGym / Fokus Ingat Kebaikan Orang Lain
aagym - fokus ingat kebaikan orang lain

Fokus Ingat Kebaikan Orang Lain

 

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt., Dzat Yang Maha Mengetahui segala isi hati. Semoga Alloh Yang Mana Menatap, menjadikan kita hamba-hamba-Nya yang senantiasa terlimpahi taufik dan hidayah-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada sang uswatun hasanah, baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, ada dua hal yang mesti kita ingat. Pertama, kebaikan orang lain terhadap kita. Dan kedua, keburukan kita kepada orang lain. Namun, ada dua hal juga yang mesti kita lupakan. Pertama, kebaikan kita kepada orang lain. Dan kedua, keburukan orang lain terhadap kita. Mengapa?

Karena sesungguhnya yang membahayakan diri kita bukanlah perbuatan orang lain terhadap kita. Demikian juga yang memberikan kebaikan kepada kita bukanlah perbuatan orang lain. Melainkan yang mendatangkan kebaikan dan yang membahayakan diri kita tiada lain adalah perbuatan diri kita sendiri.

Sehingga dua hal yang penting adalah mengingat kebaikan orang lain kepada kita dan mengingat keburukan kita kepada orang lain. Dengan mengingat keburukan kita kepada orang lain, maka kita akan senantiasa ingat untuk bertaubat kepada Alloh dan meminta maaf kepada orang yang bersangkutan. Dan kita pun termotivasi untuk terus memperbaiki diri.

Sedangkan mengingat kebaikan orang lain terhadap kita, akan membuat kita senantiasa bersyukur kepada Alloh dan berterima kasih kepada orang tersebut. Kita pun akan termotivasi untuk memberi kebaikan kepadanya, meskipun ia tidak pernah mengharapkannya.

Rosululloh Saw. bersabda, “Barangsiapa tidak berterimakasih kepada manusia, maka dia tidak bersyukur kepada Alloh.” (HR. Tirmidzi) Berterima kasih dan membalas kebaikan kepada orang lain yang telah berbuat baik kepada kita, adalah salah satu bentuk syukur kita kepada Alloh Swt.

Rosululloh Saw. juga bersabda, Sebagaimana Rosululloh Saw. bersabda, “Barangsiapa yang telah berbuat kebaikan kepada kalian, hendaklah kalian membalasnya. Jika kalian tidak mampu membalasnya, maka berdoalah untuknya, hingga kalian tahu bahwa kalian telah bersyukur. Alloh adalah Dzat Yang Maha Tahu Berterimakasih dan sangat cinta kepada orang-orang yang bersyukur.” (HR. Thabrani)

Saudaraku, mengingat kebaikan orang lain, berterimakasih dan membalasnya adalah bagian dari akhlak mulia yang dicintai oleh Alloh Swt. dan diajarkan oleh Rosululloh Saw. Sikap-sikap yang demikian akan memperkuat tali persaudaraan kita. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang senantiasa meneladani akhlak mulia yang diajarkan Rosululloh Saw. Wallohua’lam bishowab.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

 

Comments

comments

About andysyauqi