Home / Ulama / AaGym / Berpikir Visioner
aagym - berfikir visioner

Berpikir Visioner

Alhamdulillah. Puji dan syukur hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh senantiasa melimpahkan pertunjuk-Nya kepada kita sehingga kita menjadi orang-orang yang gemar melakukan yang terbaik setelah kita berupaya memperbaiki diri. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, Islam sangat mengajarkan kepada kita untuk berpikir jauh ke depan atau visioner. Kita diajak berpikir tentang kematian yang belum pernah kita jalani, dengan target yang jelas yaitu husnul khotimah. Harus jelas goalnya. Kalau ada yang bertanya apakah kesuksesan itu, maka kesuksesan sesungguhnya tidak bisa diukur sebelum kita mati. Karena kesuksesan versi manusia itu sebenarnya adalah ujian.

Kita punya jabatan mentereng, belum tentu sukses dalam pandangan Alloh Swt. Kita punya gelar berderet-deret, penghasilan yang melimpah, rumah yang megah, mobil yang mewah, semuanya itu bukanlah tolak ukur kesuksesan yang sejati. Kesuksesan yang sesungguhnya adalah jikalau kita meraih husul khotimah dalam pandangan Alloh Swt.

Kita juga diajak berpikir tentang alam Barzakh, yang membuat kita harus berhitung dan memikirkan bagaimana keadaan kita di sana nanti. Apakah selama menunggu datangnya hari kiamat nanti kita dalam keadaan nyaman ataukah celaka disebabkan perbuatan kita sendiri.

Kita juga diajak berhitung tentang Yaumul Hisab atau hari perhitungan amal, dan kita pun diajak berpikir tentang surga dan neraka, tempat tinggal terakhir kita nanti. Goal kita adalah surga, bersama keluarga, berjumpa dengan Alloh Swt., bertemu dengan Rosululloh Saw. tercinta. Subhanalloh!

Semua ini belum kita jalani, tapi harus dihitung dan dipikirkan sejak sekarang agar kita memiliki perencanaan untuk melangkah ke arah sana. Alloh Swt. berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Alloh dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Alloh, sesungguhnya Alloh Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Hasyr [59] : 18).

Tidak hanya urusan akhirat yang perlu kita pikirkan, namun juga urusan dunia yaitu bagaimana keadaan anak-anak kita jikalau kita mati terlebih dulu. Karena Alloh Swt. menghendaki kita untuk tidak meninggalkan generasi yang lemah (QS. An Nisaa [4] : 9). Jangan sampai setelah kita mati, anak-anak kita terlunta-lunta karena ditinggalkan oleh kita. Maka, penting bagi para orangtua untuk mempersiapkan dengan baik supaya anak-anaknya menjadi pribadi-pribadi yang tangguh dan mandiri.

Saudaraku sekalian, demikianlah Islam mengajarkan kita untuk berpikir visioner. Orang yang beriman adalah orang yang memiliki pikiran jauh ke depan. Semoga Alloh Swt. memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita sehingga kita menjadi orang-orang yang mampu berpikir visioner. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

Comments

comments

About andysyauqi