Home / Ulama / AaGym / Berita Kematian
aagym - berita kematian

Berita Kematian

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Tiada kejadian yang kebetulan, semuanya terjadi hanya atas izin Alloh, Dialah Dzat Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Pada musim kurban, banyak domba yang disembelih. Domba-domba itu berjejer diikat menunggu giliran kematiannya. Akan tetapi, nampaknya domba-domba itu tidak terpengaruh dengan kematian sesamanya dan tidak terpengaruh juga dengan kenyataan bahwa satu-persatu mereka akan segera disembelih sebagai kurban.

Nah, saudaraku jangan sampai kita seperti domba, yang mendengar berita kematian dengan biasa saja seperti tidak berpengaruh apa-apa. Karena setiap berita kematian sesungguhnya adalah nasehat yang sangat besar dan penting dari Alloh bagi kita.

Alloh Swt. berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Alloh dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (QS. Ali Imron [3] : 102)

Datangnya berita tentang kematian orang lain kepada bukanlah suatu kebetulan. Pasti berita itu sampai kepada kita atas izin Alloh Swt. Maka, tentu ada maksud, ada pesan, ada hikmah yang perlu kita petik dari berita tersebut. Yaitu bahwa setiap makhluk pasti akan mati. Dan, kematian bukanlah hal yang bisa diketahui kapan, dimana dan bagaimana caranya. Kelahiran kita memang berurutan, akan tetapi tidak demikian dengan kematian. Ada seorang anak yang masih belia justru mendahului kedua orangtuanya. Ada seorang murid yang justru mendahului gurunya.

Rosululloh Saw. bersabda, “Perbanyaklah mengingat sesuatu yang melenyapkan semua kelezatan, yaitu kematian!” (HR. Tirmidzi)

Demikianlah kematian bisa datang kepada kita tanpa diduga-duga. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk senantiasa siap menerima takdir Alloh mengenai kematian kita, sehingga kita bisa menutup jatah hidup di dunia ini dengan husnul khotimah. Petiklah hikmah dari setiap berita kematian yang sampai kepada kita. Dan berdzikirlah kepada Alloh, semoga kita tergolong hamba-hamba-Nya yang husnul khotimah. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi