Home / Ulama / AaGym / Berhati-hati Terhadap Kesia-siaan
aagym - berhati-hati terhadap kesia-siaan

Berhati-hati Terhadap Kesia-siaan

Alhamdulilah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan doa, menggolongkan kita sebagai ahli sabar. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna.” (QS. AL Mu’minun [23] : 1-3)

Saudaraku, dalam ayat ini kita menemukan bahwa salah satu tanda dari keimanan seseorang kepada Alloh Swt. adalah menjauhi urusan-urusa yang sia-sia atau tidak berguna, baik itu perkataan maupun perbuatan.

Kalau digambarkan, kita harus seperti sedang berjalan di antara duri-duri, selalu berhati-hati supaya kaki kita tidak menginjak atau tersangkut duri. Jadi, keberuntungan kita, kemenangan kita, sangat dipengaruhi oleh kehati-hatian kita terjadap ucapan dan perbuatan yang sia-sia. Semakin kita berjalan di jalan keberuntungan, semakin kita barhati-hati menghindari hal-hal yang tiada berguna.

Seperti juga dalam ibadah haji. Dalam rangkaian ritual ibadah haji ada yang dinamakan ihrom. Nah, dalam ihrom ini setiap orang harus sangat berhati-hati mengendalikan dirinya karena ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar oleh orang yang berhaji. Beberapa pantangan itu sebenarnya sebagai bentuk ujian atau latihan (riyadhoh) kita untuk selalu hati-hati menjalani hidup ini. Pada kehidukan sehari-hari, nilai kehati-hatian tadi harus terus dipraktikkan supaya kita terhindar dari hal-hal yang haram, yang syubhan dan perbuatan yang tiada berguna.

Demikianlah, semoga kita mampu untuk terus meningkatkan kemampuan diri kita dalam menjaga diri dari perbuatan dan ucapan yang sia-sia karena ini merupakan salah satu tanda orang beriman. Aamiin yaa Robbal ‘aalamin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi