Home / Ulama / AaGym / Berbagi Peran Dakwah
aagym - berbagi peran dakwah

Berbagi Peran Dakwah

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan Doa, menggolongkan kita sebagai orang-orang yang bersih hati. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Alloh, mengerjakan amal yang sholeh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?” (QS. Fushilat [41] : 33)

Setiap orang memiliki kemampuan, kapasitas, pengetahuan, keterampilan yang berbeda-beda. Dan, masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri. Namun, jikalau kita bisa mempertemukan setiap kekuatan, niscaya akan melahirkan kekuatan yang jauh lebih besar. Manakala kita bisa mensinergikan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang berbeda-beda itu, niscaya akan mendatangkan manfaat dan keberkahan yang jauh lebih besar.

Islam adalah agama yang pasti benar dan pasti mulia. Agama yang agung dan senantiasa terjaga kemuliaannya. Sehingga ikhtiar mendakwahkan Islam pun perlu dilakukan dengan upaya yang serius, besar dan bersama-sama supaya benar-benar menjadi rahmat bagi seluruh alam. Sebagaimana dahulu Rosululloh Saw. dan para sahabat pun senantiasa berbagi peran dalam berdakwah. Tidak semua turun ke medan jihad, namun ada yang berperan menjalankan pendidikan dan menjaga kota. Tidak semua berdakwah di Madinah, melainkan ada sebagian yang diutus untuk berdakwah ke negeri nun jauh.

Demikian pula dengan kita saat ini. Apapun profesi kita, sesungguhnya kita memiliki tugas dakwah. Ambillah peran dalam berdakwah sesuai dengan kapasitas kita. Karena dakwah bukan hanya tugas para dai dan ulama, melainkan para insinyur, dokter, teknisi, pedagang, siapapun bisa berperan dalam dakwah, menyumbangkan kemampuannya dalam jalan dakwah.

Semoga Alloh Swt. memberikan petunjuk dan kekuatan kepada kita sehingga kita bisa menjadi bagian dari perjuangan dakwah. Karena inilah jalan yang ditempuh oleh Rosululloh Saw., para sahabat dan salafussholeh. Semoga kita termasuk orang-orang yang kelak di akhirat kembali berkumpul dengan para mujahid dakwah. Aamiin yaa Robbal’aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Support dakwah SMS Tauhiid dengan berbelanja di Niaga Berkah Online.

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi