Home / Ulama / AaGym / Amal Kecil Bernilai Besar – AaGym
aagym - amal kecil bernilai besar

Amal Kecil Bernilai Besar – AaGym

Alhamdulillah. Segala puja dan puji hanya milik Alloh Swt. Dialah Alloh pencipta segala-galanya. Dialah Alloh, Dzat pencipta langit dan bumi berikut segala apa yang ada di anatar keduanya. Dialah Alloh Yang Maha Agung, mengurus langit dan bumi tanpa lelah dan tanpa ada yang terlewat. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada sang kekasih Alloh, baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah [99] : 7-8)

Saudaraku, setiap perbuatan kita disaksikan oleh Alloh Swt. Tidak ada yang kecil bagi Alloh. Besar atau kecil, itu adalah bagi kita sebagai manusia. Bagi Alloh, sama saja, setiap hal perbuatan diketahui oleh-Nya. Oleh karena itu, marilah kita menyibukkan diri dalam amal-amal kebaikan, termasuk amal-amal yang sepertinya kecil dalam pandangan manusia, namun besar dalam pandangan Alloh Swt.

Kita lihat sebuah hadits shohih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim, sebuah hadits yang menceritakan tentang seorang wanita pezina yang saat melihat seekor anjing yang sedang kehausan. Kemudian wanita itu mengambil air dari sumur dengan menggunakan selopnya, lalu memberikan air itu kepada sang anjing sehingga ia bisa memenuhi dahaganya.

Apakah Alloh mengetahui perbuatan wanita tersebut? Dalam hadits itu disebutkan bahwa kebaikan sang wanita itulah yang menghapuskan dosa-dosanya di hadapan Alloh, sehingga ia pun memperoleh surga-Nya. Maa syaa Alloh!

Hikmah dari kisah ini adalah betapa Alloh Swt. itu menilai hamba-Nya sangat dalam, sampai kepada lubuk hati yang terdalam. Alloh Swt. berfirman, “Sesungguhnya Alloh mengetahui yang tersembunyi di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati.” (QS. Faathir [35] : 38).

Wanita dalam kisah tadi memang hanya menolong seekor anjing, binatang yang dalam syariat agama kita air liurnya najis. Namun, bukan itu poinnya. Poinnya bahwa wanita itu menolong seekor anjing yang juga sama-sama makhluk ciptaan Alloh Swt. Wanita itu menolong seekor anjing yang bisa dikatakan hampir mati karena kehausan, dengan keikhlasan yang sempurna.

Sekilas dalam pandangan manusia, perbuatan wanita itu nampak remeh dan biasa saja. Namun, ternyata tidak demikian dalam pandangan Alloh Swt. Maka saudaraku, marilah untuk senantiasa bersegera mengambil setiap kesempatan untuk beramal sholeh meski sekecil apapun amal tersebut dalam pandangan manusia. Yakinlah bahwa Alloh Maha Mengetahui apa yang tersembunyi di dalam hati kita, dan tidak ada amal yang sia-sia di hadapan-Nya. Wallohua’lam bishowab.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

 

 

 

Comments

comments

About AndySyauqi