Home / Ulama / AaGym / Alloh Yang Maha Tepat Tindakannya
Ar Rasyid-500x500

Alloh Yang Maha Tepat Tindakannya

Ar Rosyid; Alloh Yang Maha Tepat Tindakannya

 

Alhamdulillah! Segala puji  hanya milik Alloh Swt., yang menguasai siang dan malam, bumi langit dan seisinya, yang di daratan dan di dalam lautan, yang nampak dan yang ghoib. Tak ada yang luput satupun juga dari pengetahuan Alloh Swt. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Huruf ro, syin, dal ketika tersusun berantai maka maknanya adalah ketepatan, atau kelurusan jalan. Dari tiga huruf ini lahir juga kata rusyd yang artinya bagi manusia adalah kesempurnaan akal dan jiwa, sehingga berpikir tepat, berkata tepat, bertindak tepat. Karena ia memiliki kesempurnaan dalam pengendalian pikiran dan hati, sehingga serba tepat.

Seorang yang bisa memberikan petunjuk dan bimbingan yang tepat disebut guru dan diistilahkan sebagai mursyid. Tidak semua guru bisa memberikan bimbingan dengan tepat. Tetapi seorang mursyid, seorang ulama yang ditolong oleh Alloh, maka dia bisa “membaca” muridnya, sehingga bimbingannya pun tepat. Selain seorang mursyid itu tahu tentang ilmu yang tepat, dia pun tahun tentang keadaan muridnya dengan tepat, sehingga bisa membimbingnya dengan cara yang tepat.

Turunan kata lain dari tiga huruf ini adalah rosyaadah yang artinya batu karang. Jika istilah ini disandarkan pada seorang manusia, maka berarti ia orang yang memiliki keteguhan dalam ketepatannya.

Saudaraku, mari kita simak firman Alloh Swt. di dalam Al Quran, “(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa, “Robbanaa aatinaa min ladunka rohmah wahayyi lanaa min amrinaa rosyadaa”, “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).” (QS. Al Kahfi [18] : 17)

Di dalam ayat ini ada sebuah doa yang sangat dianjurkan bagi kita untuk banyak mengamalkannya, banyak memanjatkannya kepada Alloh Swt. Kita memohon kepada Alloh diberikan rosyada, yaitu jalan yang tepat kemaslahatannya dan dorongan untuk kita menyempurnakan ikhtiar melewati jalan ini.

Karena bisa jadi ada banyak jalan, tapi kita tidak mendapat petunjuk Alloh untuk menempuh jalan itu. Ada pula semangat untuk bergerak, tapi tidak jelas arah dan jalan yang harus ditempuh. Maka, jikalau kita sedang menghadapi banyak masalah dan tidak tahu harus menempuh jalan mana yang paling pas, sesungguhnya Alloh Maha Tahu mana jalan yang paling tepat. Maka mintalah kepada Alloh Swt. dengan doa ini.

Alloh menciptakan masalah secara sempurna lengkap dengan jalan keluarnya. Seperti Alloh menciptakan paru-paru yang sempurna lengkap dengan udara yang gratis. Karena Alloh tahu persis jika kita harus membayarnya, kita tidak akan mampu. Demikian juga dengan air. Kebutuhan kita pada air sangat besar. Tubuh kita 70% adalah air. Kita bahkan jarang sekali memikirkan hal ini, namun Alloh tetap mencukupi kebutuhan kita akan air. Subhaanalloh.

Demikianlah, Alloh menciptakan kita semua, juga seluruh isi dari alam raya ini secara sempurna, presisi, teratur secara akurat. Malam dan siang saling bertukar dengan sempurna. Benda-benda langit beredar dalam porosnya masng-masing secara tepat dan sempurna. Darah di dalam tubuh kita bersirkulasi secara tepat dan teratur. Demikian juga dengan gerak pompa paru-paru dan jantung serta organ lainnya. Semua Alloh atur dengan sangat tepat dan sempurna.

Semoga renungan ini bisa menambah keyakinan kita kepada Alloh Swt. dan menambah rasa cinta dan kedekatan kita terhadap-Nya. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

 

Ditulis oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

 

 

Comments

comments

About AndySyauqi