Home / Ulama / AaGym / Alloh Yang Maha Membangkitkan
aagym - Allah yang maha membangkitkan

Alloh Yang Maha Membangkitkan

 

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt., Dzat Yang Maha Membangkitkan. Tiada yang patut disembah selain Alloh, tiada yang bisa dijadikan sandaran selain hanya Alloh. Hanya kepada Alloh kita memohon dan hanya kepada-Nya kita akan kembali. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Salah satu asma Alloh adalah Al Ba’its yang maknanya berkisar pada kebangkitan; mengutus seseorang; atau membangkitkannya; atau menuju suatu tempat; atau mendorong untuk melaju; atau menghidupkan kembali makhluk yang mati dan membangkitkannya dari alam kubur. Setiap kata yang menggunakan rangkaian huruf ba, ‘ain dan tsa memiliki makna di antara makna-makna tersebut tadi.

Imam Al Qurthubi menyimpulan bahwa kata yang tersusun dari ketiga huruf ini menggerakkan yang diam dan menampakkan yang tersembunyi. Alloh Swt. disebut Al Ba’its, Yang Maha Membangkitkan karena akan ada saatnya manusia tidak berdaya. Baik tidak berdaya karena kurang ilmu, tidak berdaya karena kurang iman, tidak berdaya karena kurang finansial, atau tidak berdaya karena kurang sehat. Akan ada saatnya kita tidak berdaya. Dan yang terberat adalah tidak berdaya karena ajal tiba.

Alloh yang menggenggam segala makhluk, Maka Kuasa Membangkitkan segalanya. Karena kita semua ada dalam kekuasaan Alloh. Di dalam Al Quran Alloh Swt. berfirman, Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur(mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Alloh-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan.” (QS. Al An’am [6] : 60)

Tidak ada yang bisa menidurkan makhluk, kecuali Alloh Swt. Tidak ada obat tidur yang bisa membuat manusia tertidur, kecuali Alloh menghendakinya untuk tertidur. Tidak ada yang bisa menjamin tidur malam kita akan berlanjut dengan bangun kembali di pagi hari. Tidak ada yang bisa menjaminnya karena hanya Alloh yang kuasa membangkitkan kita kembali.

Oleh karena itulah dalam doa sebelum tidur kita mengucap, “Bismika Allohumma ahya wa bismika amuut, dengan nama-Mu ya Alloh hamba hidup dan dengan nama-Mu hamba mati.”

Rosululloh Saw. mengajarkan kepada kita untuk berwudhu sebelum tidur, membaca Al Fatihah dan berdoa. Mengapa? Karena kita tidak tahu apakah nanti kita akan bangun kembali atau tidak.

Demikian juga Alloh Swt. Maha Membangkitkan makhluk yang mati. Tidak ada yang sulit bagi Alloh. Sebagaimana firman-Nya, “..Padahal kamu tadinya mati, lalu Alloh menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan?” (QS. Al Baqoroh [2] : 28)

Alloh yang menghidupkan tanah yang tadinya gersang dan mati. Alloh yang menumbuhkan di atasnya berbagai pepohonan. Semoga kita semakin meyakini keagungan dan kebesaran Alloh dan semakin dekat dengan-Nya. Dan semoga Alloh kelak membangkitkan kita kembali dalam keadaan yang selamat. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

 

Comments

comments

About andysyauqi