Home / Ulama / AaGym / Alloh Tidak Pernah Terlambat (2)
aagym - Allah tidak pernah terlambat

Alloh Tidak Pernah Terlambat (2)

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Mengetahui segala isi hati, menjadikan kita hamba-hamba-Nya yang tidak pernah putus asa akan rohmat-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, ketimbang kita fokus memikirkan mengapa Alloh terlambat memberikan jodoh kepada kita, atau mengapa Alloh terlambat memberikan keturunan kepada kita. Atau ketimbang kita sibuk memikirkan mengapa Alloh belum juga mengabulkan doa kita agar dimudahkan rezeki, dilunaskan utang-utang. Lebih baik kita sibuk memikirkan mengapa kita masih saja kesiangan sholat subuh, mengapa kita masih saja lupa mensyukuri berbagai nikmat yang selama ini sudah Alloh berikan kepada kita; nikmat udara yang melimpah, nikmat jantung yang mashi terus berdegup dan lain sebagainya.

Tidak masalah doa kita terlambat dikabulkan. Toh keterlambatan pun hanyalah pada penilaian kita saja sebagai makhluk. Yang menjadi masalah adalah jikalau kita terlambat sholat di awal waktu, terlambat sedekah, terlambat tilawah Al Quran, terlambat menolong orang lain, berbuat dosanya banyak namun istighfarnya terlambat. Lebih baik ketika kita merasa ada yang telat dari Alloh, segera kita periksa apa yang telat dari diri kita.

Alloh tahu kita memperbaiki diri, Alloh tahu kita menyegerakan istighfar dan taubat, Alloh tahu kita menyegerakan amal-amal sholeh kita. Demi Alloh, semua ini tidak akan sia-sia di hadapan Alloh. Alloh akan membalasnya dengan kebaikan yang tiada pernah kita bayangkan sebelumnya. Bahkan boleh jadi Alloh membalasnya dengan berbagai kebaikan yang bahkan tidak kita sadari ternyata sudah kita terima.

Demikianlah saudaraku, jangan pernah berburuk sangka kepada Alloh. Yakinilah bahwa ketika terlintas di dalam pikiran kita bahwa Alloh terlambat menolong kita, sesungguhnya pada saat yang sama kita sedang melupakan berbagai nikmat Alloh yang sudah dan sedang kita rasakan. Otak berfungsi, panca indera tidak terganggu, darah mengalir, udara lancar keluar masuk paru-paru kita. Maa syaa Alloh.

Jangan mengira bahwa pertolongan Alloh itu hanyalah yang kita inginkan saja. Sungguh banyak pertolongan Alloh yang sudah kita terima meski kita tidak memintanya, padahal kita sangat membutuhkannya.

Alloh Swt. berfirman, Semua yang ada di langit dan bumi selalu meminta kepadanya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan.” (QS. Ar Rohmaan [55] : 29)

Jadi sebetulnya tidak ada yang terlambat dari Alloh Swt. Alloh senantiasa di dalam kesibukan memenuhi segala kebutuhan seluruh makhluk-Nya. Yang bermasalah adalah amalan kita sendiri. Ketika kita jarang tahajud, sering terlambat sholat, jarang sedekah, jarang menolong orang, maka kita akan bertemu dengan takdir yang memang sesuai dengan amalan kita tersebut. Demikian pula ketika kita giat menyegerakan taubat, menyegerakan sholat di awal waktu, menyegerakan sedekah, rajin tahajud, maka Alloh akan mempertemukan kita dengan takdir-Nya yang sesuai dengan amalan kita itu.

Oleh karena itu, sikap yang terbaik dan sangat disukai Alloh Swt. adalah kita fokus pada diri kita untuk terus memperbaiki diri dan memperbaiki hubungan kita kepada-Nya. Rezeki kita sudah ada di dalam jaminan Alloh Swt. Tinggal kita memilih untuk menjemput takdir terbaik dengan amalan terbaik kita. Sungguh, Alloh tidak pernah terlambat. Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa menyegerakan diri melakukan amalan-amalan yang diridhoi dan dicintai oleh Alloh Swt. Aammin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

 

 

Comments

comments

About AndySyauqi