Home / Ulama / AaGym / Alloh Maha Menjaga dan Maha Memelihara
aagym - Allah maha menjaga

Alloh Maha Menjaga dan Maha Memelihara

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Mengetahui segala isi hati, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang husnul khotimah. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, ..Sesungguhnya Tuhanku adalah Maha pemelihara segala sesuatu.” (Huud [11] : 57) Dalaam ayat-Nya yang lain Alloh Swt. berfirman, ..dan Tuhanmu Maha Memelihara segala sesuatu.” (QS. Sabaa [34] : 21)

Saudaraku, tidak ada satupun di alam semesta ini kecuali seluruhnya Alloh yang menciptakan. Dan, tidak ada satupun dari seisi alam ini kecuali semuanya milik Alloh semata. Alloh yang menciptakan, Alloh yang memiliki, Alloh juga yang mengurus seluruhnya.

Alloh senantiasa sibuk menjaga dan memelihara seluruh alam beserta isinya ini, hanya saja sibuknya Alloh tentu berbeda dengan sibuknya makhluk. Kesibukan kita sebagai makhluk berkaitan dengan rasa bingung, lelah, capek, penat, dan kesibukan untuk urusan yang kecil dan terbatas. Sedangkan kesibukan Alloh itu sempurna.

Alloh menjaga dan memelihara seluruh alam ini dengan ilmu-Nya. Alloh mengetahui kemudian mencatat setiap amal perbuatan hamba-Nya tanpa ada yang terlewat sedikitpun dan menjaganya. Syariatnya malaikat pun turut mencatat. Demikian juga dengan urusan lainnya, Alloh Swt. sempurna penjagaan dan pemeliharaan-Nya terhadap seluruh jagat raya.

Penjagaan dan pemeliharaan Alloh itu sempurna. Sedangkan makhluk, sering lupa jikalau diamanahi untuk menjaga atau memelihara sesuatu. Tidak ada yang luput satupun kebaikan dari pengetahuan Alloh, dan catatan kebaikan itu akan terjaga dengan baik di sisi-Nya dan akan dibalas dengan berlipat ganda. Maasyaa Alloh.

Semoga keimanan kita senantiasa kokoh kepada Alloh Swt. Hanya kepada Alloh kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita pasti akan kembali. Wallohu a’lam bishowab.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi