Home / Ulama / AaGym / Alloh Maha Kuat
aagym - Allah maha kuat

Alloh Maha Kuat

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Dialah Alloh yang telah menciptakan langit bumi dan segala isinya, mengaturnya dan mencukupi rezekinya. Hanya kepada Alloh kita menyembah dan memohon pertolongan. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, semoga Alloh Swt. Yang Maha Kuat, menjadikan kita hamba-hamba-Nya yang kuat. Kuat secara lahir, kuat secara batin, kuat akal, kuat hati, kuat ilmu. Karena ternyata mu’min yang lebih dicintai Alloh dan dinilai lebih baik oleh Alloh adalah mu’min yang kuat. Sebagaimana sabda Rosululloh Saw., Mumin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Alloh Azza wa Jalla daripada mumin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan.(HR. Muslim, Ahmad, Ibn Majah, Nasa’i)

Salah satu asma Alloh adalah Al Qowiy, Alloh Maha Kuat. Al Qowiy terambil dari rangkaian huruf qof, wau, ya, yang artinya adalah keras, kuat, lawan dari lemah. Al Quran menyebut kata ini sebanyak sebelas kali. Sembilan diantaranya mensifati Alloh, dua diantaranya mensifati nabi Musa a.s dan jin Ifrit, Dari sembilan yang disandarkan kepada Alloh, tujuh diantaranya dikaitkan dengan kata Al ‘Aziz, Alloh Yang Maha Bijaksana. Artinya, kekuatan itu menjadi dahsyat jikalau dipegang oleh yang memiliki kebijaksanaan.

Kekuatan Alloh Swt. meliputi seluruh alam semesta. Alloh betul-betul berkuasa penuh atas alam ini. Tidak ada satu titik pun kecuali tunduk pada kehendak Alloh. Langit, gunung, samudra, hujan, matahari, bulan, bintang-bintang, hingga serangga paling kecil di dalam tanah, seluruhnya tunduk pada kekuasaan Alloh Swt.

Bagaimana dengan iblis yang membangkan? Iblis pun membangkang atas izin Alloh. Bagaimana dengan manusia-manusia yang ingkar? Mereka pun ada dalam kekuasaan Alloh. Mudah saja bagi Alloh untuk menghentikan detak jantungnya. Alloh yang menidurkan mereka dan membangunkan mereka kembali. Alloh yang menyediakan bagi mereka rezeki. Alloh yang menjadikan mereka tua hingga pada saatnya tiba, Alloh yang mematikan mereka.

Tidak ada makhluk yang hebat. Jika memang hebat, cobalah jangan bernapas. Jika memang hebat, cobalah jangan tidur. Jika memang hebat, coba tahan pertumbuhan kukunya. Jika memang hebat, cobalah jangan menjadi tua. Jadi, tidak ada yang kuat di alam semesta ini, kecuali karena dikuatkan oleh Alloh Swt.

Alloh Maha Kuat. Tidak bisa diancam oleh apapun dan oleh siapapun. Pembangkangan makhluk tidak membuat berkurang sedikitpun kekuatan-Nya. Demikian juga, ketaatan makhluk tidak akan menambah kekuatan-Nya. Alloh Maha Kuat, sebelum dan sesudah apapun.

Maka saudaraku, sungguh kita tidak memiliki daya dan kekuatan apapun kecuali Alloh yang memberikan kekuatan itu. Laa haulaa walaa quwwata illaa billah, tiada daya dan tiada kekuatan kecuali atas izin Alloh Swt. Wallohu a’lam bishowab.[]

  

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

 

Comments

comments

About andysyauqi