Home / Ulama / AaGym / Al ‘Afwu, Alloh Yang Maha Pemaaf
aagym - Allah yang maha pemaaf

Al ‘Afwu, Alloh Yang Maha Pemaaf

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Pemaaf menggolongkan kita sebagai orang-orang yang mendapatkan ampunan-Nya di akhirat kelak. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Kata yang terangkai dari huruf ‘ain, fa, dan wau memiliki arti ‘melepaskan sesuatu’. Jadi, disebut Alloh Maha Pemaaf, Al ‘Afwu, karena Alloh meninggalkan hukuman untuk hamba-hamba-Nya. Rangkaian tiga huruf ini juga memiliki arti ‘terhapus tanpa bekas’, jadi disebut Alloh Maha Pemaaf, Al ‘Afwu, karena menghapus jejak-jejak dosa hamba-Nya hingga tak terlihat lagi jejak-jejak dosa itu, seperti pohon yang dicabut sampai ke akar-akarnya.

Betapa hebat ampunan Alloh Swt. Di bulan Romadhon ada sepuluh hari terakhir. Di dalam sepuluh hari terakhir ada malam Lailatul Qodar. Pada malam tersebut, Aisyah r.a pernah bertanya kepada Rasulullah Saw. mengenai doa apa yang terbaik. Kemudian, Rasulullah Saw. bersabda, “Allohumma innaka ‘Afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Duhai Alloh, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maka maafkanlah aku)”. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Imam Al Ghazali menerangkan bahwa Al ‘Afwu (Alloh Yang Maha Pemaaf) lebih tinggi dari Al Ghofur (Alloh Yang Maha Pengampun). ‘Ghafur’ secara bahasa artinya ‘menutupi’. Sesuatu yang ditutupi sebenarnya masih ada, hanya saja tertutupi sehingga tidak nampak. Tetapi kalau Alloh memaafkan, maka itu seperti dihapus dari asalnya ada menjadi tiada. Dan, Alloh memaafkan tidak menunggu seorang hamba-Nya meminta maaf, kalau Alloh menghendaki untuk memaafkannya maka termaafkanlah ia. Maasyaa Alloh!

Semoga kita termasuk orang-orang yang seantiasa memperbaiki diri, menyadari dan menyesali dosa-dosa dan memohon pemaafan Alloh Swt. Semoga Alloh memaafkan dan menghapus dosa-dosa kita. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi