Home / Ulama / AaGym / Agar Karunia Menjadi Nikmat
aagym - agar karunia menjadi nikmat

Agar Karunia Menjadi Nikmat

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt., Dzat Yang Maha Hebat, Maha Kuasa, Maha Mulia, Dialah Alloh yang tidak pernah tidur, Yang Maha Awal dan Maha Akhir. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, setiap karunia dari Alloh Swt. yang sudah kita terima, itu belum tentu menjadi nikmat bagi kita. Pemberian Alloh akan menjadi nikmat jikalau kita mensyukurinya. Berapa banyak pemberian Alloh yang tidak bisa dinikmati disebabkan tidak ada sikap syukur. Berapa banyak rumah yang megah nan mewah tapi tidak bisa dinikmati, karena tidak disyukuri. Berapa banyak makanan yang lezat berlimpah tidak bisa dinikmati, karena tidak syukur.

Oleh karena itu, kalau kita ingin bisa menikmati hidup ini pilihannya adalah menjadi ahli syukur. Hebatnya sikap bersyukur adalah selain membuat pemberian Alloh menjadi nikmat, juga akan mengundang nikmat lain yang belum datang.

Alloh Swt. berfirman, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]: 7)

Jadi kalau ada orang yang merasa menderita padahal dalam keadaan cukup segala kebutuhannya, maka pasti bukan karena tidak ada karunia dari Alloh, melainkan karena tidak ada syukur atas beragai karunia Alloh.

Oleh karena itu saudaraku, semoga kita tergolong orang-orang yang senantiasa bersyukur atas berbagai karunia Alloh Swt. Sehingga bagaimana pun keadaan kita saat ini, apapun episode kehidupan yang tengah kita hadapi, selalu bisa kita nikmati karena rasa syukur kita. Aamiin yaa Robbal’aalamin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Syauqi | Sunnah Style dan Hijab Sabila Gallery

Comments

comments

About andysyauqi