Home / Ulama / AaGym / Tetap Memohon Pertolongan Alloh
aagym - tetap memohon pertolongan allah

Tetap Memohon Pertolongan Alloh

 

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Baik, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang senantiasa istiqomah menjaga kebeningan hati. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, sesungguhnya Alloh amat senang melihat hamba-Nya meminta pertolongan kepada-Nya. Alloh Maha Kuasa untuk menolong kita. Dan, yang lebih dahsyat adalah Alloh mensyukuri jikalau hamba-Nya meminta kepada-Nya. Alloh Maha Kaya dan Maha Memiliki segala-galanya. Maka, jika ada seorang hamba enggan meminta kepada Alloh, sungguh rugilah ia.

Mengapa kita harus meminta pertolongan Alloh? Karena hanya Alloh yang mengetahui segala permasalahan kita sekaligus jalan keluarnya. Bahkan yang lebih luar biasa lagi adalah Alloh sudah mengetahui kebutuhan kita meski kita sendiri belum menyadarinya. Dan, tidak hanya mengetahui, Alloh pun memenuhi kebutuhan kita itu bahkan tanpa kita pinta. Allohu akbar!

Ketika kita meminta pertolongan kepada-Nya, maka kita sudah memposisikan diri dengan benar, yaitu kita sebagai hamba atau makhluk, dan Alloh sebagai Sang Kholiq. Maka dari itu Alloh senang kepada kita. Jikalau Alloh senang kepada kita, niscaya Alloh mudahkan urusan-urusan kita. Seberat apapun, tiada yang mustahil bagi Alloh.

Alloh Swt. berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu..” (QS. Al Mu’min [40] : 60)

Demikian kuat Alloh meyakinkan kita untuk meminta kepada-Nya. Hal ini tiada lain adalah bentuk kasih sayang Alloh kepada kita. Mengapa? Karena kebaikan dari doa kita itu bukanlah untuk Alloh, melainkan untuk diri kita sendiri.

Banyak cara Alloh menolong kita. Dan cara-cara Alloh itu bisa sesuai dengan yang kita bayangkan, atau bisa juga tidak pernah terbayangkan oleh kita sebelumnya. Maka, disinilah keyakinan kita kepada Alloh diuji. Keyakinan bahwa hanya Alloh yang kuasa menolong dan setiap takdir Alloh pasti kebaikan.

Berat ringan suatu masalah sebenarnya bukan karena masalahnya itu sendiri, tapi karena apakah kita ditolong oleh Alloh atau tidak. Jika Alloh menolong, maka seberat apapun persoalan niscaya menjadi ringan. Tapi, jika tanpa pertolongan Alloh, masalah ringan akan menjadi amat berat.

Di dunia ini ada orang yang teramat mengandalkan kemampuan dirinya. Dan jikalau berhasil maka tinggi hatilah ia. Sedangkan jika tidak berhasil, bisa fustasi dan stresslah ia. Sedangkan bagi orang yang beriman, selalu meminta pertolongan Alloh pada setiap upaya yang dilakukannya. Apapun hasilnya nanti, ia yakin takdir Alloh yang terbaik. Baginya, kewajibannya adalah ikhtiar dan memohon pertolongan kepada Alloh Swt. Maasyaa Alloh, sungguh beruntung orang yang demikian, setiap keadaan bisa bernilai ibadah.

Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa yakin kepada Alloh dan selalu memohon pertolongan-Nya. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

Comments

comments

About andysyauqi