Home / Ulama / AaGym / Sempurnakan Ibadah
aagym - sempurnakan ibadah

Sempurnakan Ibadah

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Menatap, senantiasa melimpahkan hidayah-Nya kepada kita sehingga kita menjadi hamba-hamba-Nya yang selamat. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Seorang dokter pernah mengatakan bahwa yang paling penting dalam kesehatan tubuh kita adalah tulang pinggul dan tulang belakang. Tulang pinggul berperan sebagai fondasi dan tulang belakang sebagai tiang penyangga. Kalau fondasi retak, maka tiang jadi bengkok. Sedangkan jika tiang bengkok, maka kaca pecah, dinding rapuh dan dampak lainnya. Demikianlah gambaran dari tubuh kita.

Namun, Alhamdulillah, kita memiliki sholat. Selain sebagai ibadah, sholat merupakan olah tubuh yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kita. Sebagai contoh, Rosululloh Saw. mengajarkan posisi punggung yang lurus rata tatkala ruku dalam sholat. Aisyah r.a menerangkan, “Beliau ketika ruku’ tidak mengangkat atau menundukkan kepala, tetapi seimbang di antara keduanya.” (HR. Muslim).

Ali bin Abi Thalib r.a juga menerangkan, “Adalah Rosululloh Saw. ketika ruku’ seandainya diletakkan (dipunggungnya) gelas yang berisi air, niscaya tidak akan tumpah.” (HR. Ahmad). Sedangkan, Rosululloh Saw. apabila menunaikan sholat malam bisa lama waktunya. Dan kita melihat bahwa beliau adalah sosok yang sehat dan bugar tubuhnya.

Demikianlah jikalau ibadah dilakukan sesempurna mungkin sesuai yang Rosululloh Saw. ajarkan, maka kebaikannya tidak hanya menjadi pahala namun juga bagi aspek lainnya termasuk kesehatan tubuh. Demikian juga dengan ibadah lainnya seperti wudhu dan shaum. Seorang profesor dari Jepang pernah menerangkan bahwa ketika seseorang shaum, maka tubuhnya akan memiliki kemampuan untuk mendaur ulang protein-protein rusak sehingga menjadi sumber energi baru. Maka tidak heran jika shaum yang dilakukan secara baik dan benar itu tidak membuat tubuh menjadi lemah. Maa syaa Alloh.

Semoga Alloh Swt. senantiasa membimbing kita sehingga kita senantiasa semangat menunaikan ibadah sesempurna mungkin sesuai petunjuk Rosululloh Saw. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]   

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

Comments

comments

About andysyauqi