Home / Ulama / AaGym / Perbedaan Adalah Karunia
aagym - perbedaan adalah karunia

Perbedaan Adalah Karunia

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. yang telah menciptakan makhluk-makhluk-Nya dalam keanekaragaman warna, rupa dan bentuk. Tiada yang mampu menandingi kesempurnaan ciptaan Alloh Swt. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, manusia dari etnis Sunda, Jawa, Bugis, Arab, Tionghoa, dan lain sebagainya di muka bumi adalah sama. Sama apanya? Sama-sama ciptaan Alloh Swt. Sama-sama hal yang bukan pilihan. Kita tidak bisa memesan lahir dari etnis apa, wana kulit apa, keluarga apa, warga negara apa. Semua ini semata-mata adalah pilihan Alloh Yang Maha Bijaksana.

Alloh Swt. berfirman, “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Alloh ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Alloh Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al Hujurot [49] : 13)

Yang bisa kita pilih adalah apakah kita menjadi taat kepada Alloh atau tidak, menjadi hamba yang sholeh atau tidak, mengikuti tuntunan Rosululloh Saw. ataukah tidak.

Tidak boleh kita membenci orang lain hanya karena berbeda suku semata. Tidak boleh kita menyakiti orang lain hanya karena berbeda etnis. Pernah terjadi tragedi di antara kita di mana sebagian orang menyakiti sebagian orang yang lain karena alasan berbeda suku/etnis. Padahal kita menyadari bahwa kita tidak pernah bisa memesan untuk dilahirkan dari suku tertentu.

Jangan pernah merasa lebih mulia, lebih tinggi, lebih unggul dari orang lain hanya karena perbedaan suku bangsa. Karena Alloh Swt. telah menjelaskan dengan sangat terang-benderang bahwa yang paling baik, yang paling mulia, yang paling tinggi derajatnya di hadapan Alloh adalah yang paling takwa.

Perbedaan-perbedaan yang sudah ditakdirkan Alloh Swt. itu adalah sarana bagi kita untuk saling mengenal dan saling menemukan betapa besarnya tanda-tanda keagungan Alloh Swt. Manusia saja diciptakan beranekarupa, belum makhluk Alloh lainnya. Melihat perbedaan-perbedaan tersebut semestinya membuat kita semakin mengenal Alloh dan semakin dekat dengan-Nya. Yakin bahwa tiada pernah ada yang bisa menciptakan ciptaan-ciptaan sehebat ini kecuali Alloh Swt. Semoga kita termasuk hamba-hamba Alloh yang senantiasa mentafakuri keberagaman makhluk-Nya sehingga semakin yakin kepada-Nya. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

Comments

comments

About andysyauqi