Home / Ulama / AaGym / Menjaga Penglihatan
aagym - menjaga penglihatan

Menjaga Penglihatan

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Dialah Penguasa seluruh alam. Dialah pula yang memelihara seluruhnya dengan sempurna. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati.” (QS. Al Mu’min [40] : 19)

Saudaraku, sesungguhnya setiap lirikan, setiap tatapan, ada dalam pengetahuan Alloh Swt. Saat diam-diam mata kita mencuri-curi kesempatan untuk melihat sesuatu yang bukan haknya, maka kita mungkin berhasil sembunyi dari pengetahuan manusia, namun tidak bisa sembunyi dari pengetahuan Alloh Swt.

Untungnya, Alloh Maha Pengasih, tidak setiap perbuatan maksiat langsung Alloh jatuhi hukuman secara kontan. Jika ini yang terjadi, tentu sudah hancur diri kita ini karena begitu banyaknya dosa-dosa yang dilakukan oleh mata kita

Mata adalah gerbang masuknya berbagai informasi dari luar ke dalam hati dan pikiran kita. Semakin dibiarkan mata kita melihat hal-hal yang bukan haknya, maka akan semakin banyak keburukan yang mengendap di dalam hati kita. Sedangkan, semakin banyak kebaikan yang disaksikan mata ini, maka akan semakin kaya pula hati kita dengan kebaikan. Maka, ada yang mengatakan bahwa mata adalah jendela jiwa.     

Oleh karena itu saudaraku, marilah kita senantiasa menjaga pandangan mata agar selamat dari keburukan. Latihlah selalu mata kita untuk bisa menghindar dari hal-hal yang bukan haknya untuk dilihat. Marilah senantiasa menjaga mata kita untuk hanya melihat pada urusan yang Alloh ridhoi. Sehingga hati kita senantiasa bersih dan istiqomah di jalan Alloh Swt. Wallohua’lam bishowab.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Hijab Sabila Gallery

 

Comments

comments

About andysyauqi