Home / Ulama / AaGym / Mengamalkan Pengetahuan
aagym - mengamalkan pengetahuan

Mengamalkan Pengetahuan

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Baik melimpahkan hidayah-Nya kepada kita sehingga kita termasuk hamba-hamba-Nya yang husnul khotimah. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Pernah ada seorang tamu dari luar. Sesampainya di sini, saat hendak menyebrang jalan, ia memilih menyebrang di zebra cross meski jalanan sedang kosong. Ketika ditanya mengapa ia begitu, ia menjawab, “Banyak pendidikan yang orientasinya untuk ‘mengetahui’, tapi tidak banyak pendidikan yang orientasinya ‘melakukan apa yang diketahui’”.

Saudaraku, dari kejadian sederhana tersebut kita bisa memetik hikmah bahwa ajaran Islam bukanlah sesuatu yang berada di tempat yang sangat tinggi sehingga sulit dijangkau. Ajaran Islam merupakan ajaran yang sangat membumi dan dekat dengan keseharian kita. Oleh karena itu, ketika Siti Aisyah ditanya mengenai akhlak Rosululloh Saw., maka Siti Aisyah menjawab, “Akhlak Rosululloh adalah Al Quran..” (HR. Muslim)

Maka, ajaran Islam yang terkandung di dalam Al Quran itu sebenarnya sesuatu yang bisa dilakukan dalam keseharian kita, menjadi kebiasaan dan akhlak kita sebagai manusia. Lantas mengada masih ada saja orang yang ingkar dan enggan mengamalkan? Tiada lain adalah karena dorongan hawa nafsu yang dituruti.

Kita tahu bahwa lampu merah itu tanda harus berhenti, namun ada saja orang yang didorong hawa nafsu untuk menerobos hingga akhirnya ia pun celaka. Kita tahu khomr atau minuman keras itu haram, tapi ada saja orang yang menenggaknya hingga ia pun celaka. Demikian juga kita tahu tentang keutamaan sholat di awal waktu secara berjamaah, tentang keutamaan bersedekah, shaum dan ibadah-ibadah lainnya, namun tetap ada saja orang yang berat melaksanakannya.

Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapat hidayah Alloh sehingga senantiasa mau dan bisa mengamalkan kebaikan yang sudah kita ketahui. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

Comments

comments

About andysyauqi