Home / Ulama / AaGym / ‘Memperbaiki’ Syahadat
aagym - memperbaiki syahadat

‘Memperbaiki’ Syahadat

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. dan hanya kembali kepada-Nya. Dialah Alloh Yang Maha Mengetahui segala rahasia di setiap hati manusia. Hanya kepada Alloh kita menyembah dan memohon perlindungan. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, kalau ada orang muslim yang belum baik akhlaknya, masih gemar berbuat dosa, kata-katanya masih banyak yang kotor, dusta dan menyakiti orang lain, perbuatannya masih sering menzholimi orang lain, maka kemungkinan besar belum benar syahadatnya. Ia baru menyatakan dua kalimat syahadat sebatas ucapan saja, belum meresap ke dalam hatinya, belum kokoh menjadi keyakinannya.

Asyhadu anlaa ilaaha illalloh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Alloh. Kalimat ini baru sebatas lisannya. Sementara di dalam hatinya masih ada tuhan-tuhan lain yang selalu ia ingat, ia sebut, ia kejar, ia utamakan. Yaitu harta, pangkat, jabatan, popularitas, pasangan, dan urusan duniawi lainnya.

Wa asyhadu anna Muhammadan rosuululloh. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Alloh. Kalimat inipun masih sebatas lisan. Sementara dalam hatinya ia mengidolakan orang lain. Pada sikapnya sehari-hari ia tidak meneladani perilaku Rosululloh Saw. Padahal Alloh Swt. berfirman, Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rosululloh itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rohmat) Alloh dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Alloh.” (QS. Al Ahzab [33]:21)

Maka, marilah kita senantiasa mengevaluasi diri kita, sudahkah dua kalimat syahadat yang sering kita ucapkan ini benar-benar menjelma dalam hati dan sikap kita sehari-hari. Semoga kita termasuk hamba-hamba Alloh yang setiap niatnya, tutur katanya dan sikapnya ada dalam ketaatan kepada Alloh dan rosul-Nya. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

 

Comments

comments

About andysyauqi