Home / Ulama / AaGym / Masalah Besar dan Kecil
aagym - masalah besar dan kecil

Masalah Besar dan Kecil

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Dialah Dzat Yang Maha Agung, tiada yang patut disembah selain Dia. Hanya kepada Alloh kita menyembah dan memohon perlindungan. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, besar kecilnya suatu masalah tidaklah diukur dari bentuk masalahnya itu, akan tetapi diukur dari adakah pertolongan Alloh atau tidak. Kalau Alloh Swt. menolong, maka sebesar dan seberat apapun masalahnya, masalah tersebut akan menjadi kecil dan ringan. Sedangkan jika Alloh tidak menolong, maka seremeh apapun masalah maka ia akan terasa sangat besar dan berat.

Alloh Swt. berfirman, “Dialah yang menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang yang beriman, supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada).” (QS. Al Fath [48] : 4)

Seberat apapun masalah, mudah saja bagi Alloh untuk menurunkan rasa tenang ke dalam hati kita, sehingga kita pun bisa lebih berpikir jernih dan bertindak rapi untuk menyelesaikan masalah dengan pertolongan-Nya. Karena seringkali yang membuat semakin rumit dan berat suatu masalah adalah keadaan hati kita yang tidak ridho, kurang syukur, jauh dari tafakur.

Kita sangat memerlukan pertolongan Alloh. Karena segala hal ada dalam genggaman-Nya, termasuk masalah yang menimpa kita, itu ada dalam kekuasaan Alloh termasuk juga jalan keluarnya. Maka, marilah kita senantiasa memperbaiki diri, mendekat kepada-Nya dan melakukan amal-amal yang mengundang datangnya pertolongan Alloh, sehingga setiap masalah yang menimpa kita menjadi terasa ringan dan mudah didapatkan jalan keluarnya. Wallohu a’lam bishowab.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

Comments

comments

About andysyauqi